Bulog Cabang Samarinda Gelar Operasi Pasar Jelang Bulan Ramadan

Ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat Samarinda

Samarinda, IDN Times - Perum Bulog Cabang Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) telah aktif menggelar operasi pasar dan kegiatan serupa sejak Januari hingga Ramadan 2024, bertujuan untuk menekan laju inflasi serta memastikan ketersediaan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, tepung, dan lainnya bagi masyarakat.

"Selain operasi pasar, kami juga melakukan berbagai kegiatan lainnya untuk menstabilkan laju inflasi, termasuk pasar murah, gerakan pasar murah, dan program-program lain yang diselenggarakan bersama mitra kerja Bulog," ujar Maradona Singal, Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Samarinda dilaporkan Antara di Samarinda, Rabu (6/3/2024).

1. Sebanyak 12 agenda rutin jelang Ramadan

Bulog Cabang Samarinda Gelar Operasi Pasar Jelang Bulan RamadanIlustrasi stok beras di Gudang Bulog.(IDN Times/VadhiaLidyana)

Hingga saat ini, lanjutnya, telah dilaksanakan 12 agenda secara rutin hingga menjelang Ramadan serta kegiatan insidentil lainnya. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada tambahan kegiatan serupa dalam beberapa hari atau bulan ke depan.

Di antara 12 kegiatan yang telah dan sedang berlangsung adalah operasi pasar di kawasan Car Free Day (CFD) Tenggarong, Kutai Kartanegara, yang dilaksanakan setiap akhir pekan sejak 7 Januari hingga kini.

Baca Juga: Potret Terminal Samarinda Seberang yang Diresmikan Jokowi Hari Ini 

2. Operasi pasar di kawasan CFD Kota Samarinda

Bulog Cabang Samarinda Gelar Operasi Pasar Jelang Bulan RamadanWarga yang membeli beras SPHP Bulog di Operasi Pasar Murah Pasar Kepanjen. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Selanjutnya, operasi pasar di kawasan CFD Kota Samarinda juga dilaksanakan setiap akhir pekan sejak 18 Februari hingga saat ini. Selain itu, Pasar Murah AMPI di Samarinda diadakan pada tanggal 20 dan 28 Januari.

Kemudian, pasar murah oleh Dinas Perdagangan Kota Samarinda yang dimulai sejak 1 Februari hingga saat ini, serta pasar murah oleh Dinas Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kalimantan Timur yang digelar sejak 2 Maret hingga saat ini.

Terdapat pula Gerakan Pasar Murah (GPM) di Kutai Kartanegara sejak 1 Februari hingga kini, dan GPM di Kabupaten Kutai Barat juga sejak 1 Maret hingga saat ini.

3. Pasar murah oleh binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bontang

Bulog Cabang Samarinda Gelar Operasi Pasar Jelang Bulan RamadanStok beras yang ada di Gudang Bulog (IDN Times/Daruwaskita)

Berikutnya adalah pasar murah oleh binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bontang yang berlangsung sejak 7 Januari hingga kini, serta pasar murah oleh Perusda Varia Niaga Samarinda sejak 7 Januari hingga saat ini.

Pasar murah oleh Perusda MGRM Kutai Kartanegara sejak 7 Januari hingga kini, pasar murah oleh Perusda MBS Provinsi Kalimantan Timur sejak 1 Maret hingga saat ini, dan pasar murah oleh Sapi Sutha binaan Disperindagkop Kaltim Kalimantan Timur sejak 1 Februari hingga kini.

"Kami menyediakan berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, dan tepung dalam kerja sama dengan berbagai kegiatan ini. Namun, penyelenggara juga biasanya menyediakan pangan olahan dan hasil pertanian lokal," tambah Maradona.

Baca Juga: Proyek Terowongan di Samarinda Sudah Berjalan 40 Persen

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya