Datang ke Kaltim, Jokowi Janji akan Tambah Pasokan Vaksin COVID-19 

Tujuh juta vaksin akan tiba di Indonesia

Samarinda, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berjanji akan menambah jumlah pasokan vaksin COVID-19 untuk masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim). Janji kepala negara terungkap dalam arahan Presiden Jokowi pada seluruh kepala daerah di Bumi Etam

"Presiden berjanji Kaltim akan diprioritaskan," kata Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (24/8/2021). 

1. Presiden akan prioritaskan Kaltim

Datang ke Kaltim, Jokowi Janji akan Tambah Pasokan Vaksin COVID-19 Presiden Joko Widodo berbincang dengan Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wali Kota Samarinda. Foto istimewa

Hadi mengatakan, Presiden Jokowi menyebutkan dalam waktu dekat akan kembali datang 7 juta vaksin COVID-19 ke Indonesia. Cakupan vaksinasi nasional sudah mencapai 33 persen, sehingga presiden meminta para kepala daerah untuk memaksimalkan vaksin. 

Tiga arahan Presiden RI Joko Widodo yang disampaikan kepada kepala daerah, jangan kendor melaksanakan protokol kesehatan di antaranya mengurangi mobilitas, karena saat ini penyebaran COVID-19 masih terjadi dan rawan.

 

"Beliau berjanji segera menambah vaksin untuk Kaltim, dan bulan depan akan datang lagi 7 juta untuk Indonensia, Kaltim diprioritaskan,” kata Hadi.

Baca Juga: Hore, Tren Pandemik COVID-19 di Kaltim Terus Membaik

2. Kaltim diminta membangun isolasi terpusat

Datang ke Kaltim, Jokowi Janji akan Tambah Pasokan Vaksin COVID-19 Proses vaksinasi COVID-19 di Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (24/8/2021). Foto istimewa

Arahan Presiden lainnya, lanjut mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini, membangun isolasi terpusat (Isoter) di Kaltim. Serta beberapa catatan untuk bupati dan wali kota, terkait tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit COVID-19 di daerah.

“Semua arahan yang disampaikan Presiden Joko Widodo sebenarnya sudah kita laksanakan,” ujar Hadi Mulyadi.

3. Arahan presiden untuk Bupati Kutai Timur

Datang ke Kaltim, Jokowi Janji akan Tambah Pasokan Vaksin COVID-19 Proses vaksinasi COVID-19 bagi warga di Kalimantan Timur. Foto istimewa

Hal senada juga disampaikan, Bupati Kutai Timur H Ardiansyah Sulaiman mengatakan selain informasi-informasi umum, Joko Widodo menyampaikan hal penting segera ditindaklanjuti daerah, yakni penanganan COVID-19 secara keseluruhan, termasuk data-data masing-masing kabupaten/kota.

“Juga upaya peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemik. Alhamdulillah, COVID-19 di Kaltim sudah turun signifikan. Meskipun kita harus tetap waspada dan berhati-hati. Jangan sampai ada gelombang ketiga, maka pemerintah daerah bersama Satgas penanganan COVID-19 jangan sampai longgar pelaksanaan protokol kesehatan, termasuk penerapan PPKM,” papar Ardiansyah.

Selain itu, Presiden Jokowi meminta untuk terus menekan laju penyebaran COVID-19. Membatasi atau mengurangi mobilitas masyarakat, termasuk mobilitas pemerintahan yang memang tidak terlalu esensial, pelajar serta semuanya.

“Mereka yang terpapar COVID-19 untuk segera masuk isolasi terpusat, karena kalau isolasi mandiri kadang kala tidak terpantau. Selain itu, presiden berjanji memprioritaskan Kaltim mendapatkan vaksin,” tandas Ardiansyah.

Baca Juga: Ketentuan PPKM di Kaltim Belum Berubah, Lima Daerah Masuk Level 4 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya