Dewan Ketahanan Nasional Temui Wakil Gubernur Kaltim

Kunjungan kerja beberapa kota di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) Laksamana Madya (TNI) Harjo Susmoro bersama tim melakukan kunjungan kerja Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (21/7/2022). Setelah sebelumnya ke Pemkot Balikpapan dan Pertamina, rombongan diterima Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi di Ruang Tepian Kantor Gubernur Kaltim di Samarinda.

 

“Kita mencari data dan informasi sebagai antisipasi terkait krisis energi,” kata Harjo Susmoro termuat dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Penyusunan kajian daerah sebagai masukan kepada presiden

Sekjen Wantannas Laksamana Madya (TNI) Harjo Susmoro mengatakan, kunjungannya ke Kaltim dalam kaitan melakukan penyusunan kajian daerah sebagai masukan ke Presiden selaku Ketua Wantannas. Masukan nantinya sebagai bahan pengambilan keputusan maupun kebijakan yang bersifat darurat dan kompleks.

Menurut perwira tinggi bintang tiga ini, selama ini negara Indonesia masih bertumpu dan mengandalkan pada energi fosil dalam pemenuhan energi. Sementara sumber energi ini, lama kelamaan akan habis.

“Kita mencoba mencari beberapa alternatif energi yang terbarukan yang potensinya masih cukup besar seperti energi panas bumi, gelombang laut, energi angin dan lain lain,” ujar Harjo.

Baca Juga: Polresta Samarinda Lakukan Pengamanan Jalur yang Terendam Banjir

2. Kaltim menyambut baik kunjungan Wantannas

Dewan Ketahanan Nasional Temui Wakil Gubernur KaltimWakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. Potret ini diambil sebelum COVID-19 melanda Benua Etam (IDN Times/Yuda Almerio)

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menyambut baik kunjungan Wantannas ke Kaltim dalam rangka menyusun kajian daerah salah satunya di Provinsi Kaltim. “Selamat datang di Kaltim Laksamana Harjo, kehormatan bagi Kaltim dikunjungi Bapak beserta tim Wantannas,” sapa Wagub Hadi.

Pada kesempatan itu, Wagub melaporkan kondisi keamanan di Kaltim saat ini yang relatif cukup aman dan kondusif. Kondisi yang diharapkan semua pihak, terlebih Kaltim telah ditunjuk menjadi ibu kota negara baru.

“Terima kasih kepada semua pihak sehingga kondusifitas Kaltim dapat kita jaga dan semoga kondisi ini dapat terus kita pertahankan,” kata Hadi.

3. Kondusifitas daerah di Kaltim

Dewan Ketahanan Nasional Temui Wakil Gubernur KaltimSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Menurut dia, kondusifitas daerah tentu akan mendukung agenda pusat yaitu pembangunan IKN di Sepaku, Penajam Paser Utara yang dijadwalkan akan dimulai pada Agustus mendatang.

“Kaltim siap mengawal pembangunan IKN ini,” kata Wagub.

Meski diakuinya, pembangunan IKN baru tidak mungkin dapat diselesaikan dalam waktu singkat, mengacu pemindahan ibu kota di beberapa negara lain, yang minimal membutuhkan waktu 10 tahun. 

Baca Juga: Polresta Samarinda Memantau Antrean Pembelian BBM di SPBU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya