Dinas Pendidikan di PPU Programkan Seragam Gratis bagi Siswa

Program akan dilanjutkan pada anggaran 2024

Penajam, IDN Times - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali memprogramkan bantuan seragam sekolah gratis bagi peserta didik baru pada 2024.

"Sudah dialokasikan anggaran pengadaan seragam sekolah gratis untuk peserta didik baru pada 2024, sekitar, Rp9 miliar, jelas Kepala Dinas Dikpora Kabupaten PPU Alimuddin dilaporkan Antara di Penajam, Minggu (17/12/2023).

"Seragam sekolah gratis itu diberikan untuk peserta didik baru yang berasal dari keluarga kurang mampu," tambahnya.

1. Data terpadu kesejahteraan sosial

Dinas Pendidikan di PPU Programkan Seragam Gratis bagi SiswaDeputi Sosbudpemas OIKN Alimuddin berikan arahan pada para pelaku pendidikan di IKN didampingi Direktur Yandas OIKN dan pakar pendidikan (IDN Times/Ervan)

Dikpora Kabupaten PPU bakal menyelaraskan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) dengan data penerimaan peserta didik baru di setiap sekolah, untuk menentukan peserta didik yang berhak sebagai penerima seragam sekolah gratis itu.

Setelah mendapatkan data penerimaan peserta didik baru dari setiap sekolah akan dilakukan verifikasi data di lapangan, menurut dia, agar program tepat sasaran atau penerima seragam gratis benar-benar peserta didik baru yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Baca Juga: Tindak Lanjuti Pemeriksaan BPK, Pemkab PPU akan Terapkan SPBE

2. Program tahun berjalan sejak 2019-2020

Dinas Pendidikan di PPU Programkan Seragam Gratis bagi SiswaPresiden Jokowi dan sejumlah pejabat bersama pelajar SDN 020 Sepaku (IDN Times/Ervan)

Bantuan seragam sekolah gratis bagi peserta didik baru tersebut telah berjalan sejak Tahun Ajaran 2019-2020, yang menyasar seluruh peserta didik baru dari sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA)/sederajat.

"Tapi pada 2024, seragam sekolah gratis hanya diberikan kepada peserta didik SD dan sekolah menengah pertama (SMP)," ujarnya.

Kemudian, penerima bantuan seragam sekolah gratis adalah peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu, pada tahun sebelumnya semua peserta didik baru tanpa terkecuali mendapatkan seragam sekolah gratis.

3. Seragam gratis untuk siswa yang membutuhkan

Dinas Pendidikan di PPU Programkan Seragam Gratis bagi SiswaDeputi Alimuddin saat serap aspirasi masyarakat dan pejabat desa di delineasi IKN (IDN Times/Ervan)

Program seragam sekolah gratis harus tepat sasaran yang benar-benar membutuhkan, kata dia, peserta didik baru yang berasal dari keluarga tidak mampu yang berhak menjadi penerima bantuan.

Bantuan seragam sekolah yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis bagi peserta didik baru, masih menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten PPU. 

Program bantuan seragam sekolah gratis dinilai sebagai salah satu menjadi kebutuhan masyarakat Kabupaten PPU. 

Baca Juga: PPU Mempercepat Pembangunan Kios Pujasera untuk UMKM 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya