Donor Darah Pasukan Pengamanan Perbatasan di Kaltara

Memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia

Balikpapan, IDN Times - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke 77 turut terasa di perbatasan Kalimantan Utara (Kaltara). Euforia perayaan sudah terjadi di mana-mana, di seluruh kota/kabupaten setempat. 

Seperti terlihat di Malinau saat warganya antusias menyambut HUT RI pada 17 Agustus 2022 nanti.  

Salah satunya, kegiatan donor darah yang dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Pasukan Pengamanan Perbatasan (Paspamtas) dari kesatuan Yonarmed 5/105 Tarik/PG. Pasukan ini yang sedang menjalani tugas pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia di Kaltara. 

1. Aksi donor darah diikuti para personel TNI dan Polri

Donor Darah Pasukan Pengamanan Perbatasan di KaltaraAlodokter

Selain dari personel Satgas Pamtas, kegiatan donor darah ini pun banyak diikuti aparat keamanan lainnya seperti dari Polres Malinau, Brimob, Kodim 0910/MLN, dan masyarakat Malinau.

Dansatgas Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik/PG Mayor Arm Yan Octa Rombenanta menjelaskan, donor darah ini dalam rangkaian perayaan HUT RI. Selain itu, juga untuk menjaga persediaan stok darah di Malinau. 

"Kami ingin persediaan darah di Malinau tetap aman, sehingga masyarakat Malinau tidak kesulitan mendapat donor darah, saat berobat di rumah sakit Malinau," jelas YanOcta.

Baca Juga: Komitmen PLN dalam Membangun Jaringan Listrik di Perbatasan Kaltara 

2. Membangun empati bagi sesama

Donor Darah Pasukan Pengamanan Perbatasan di KaltaraIlustrasi spesialis pengambil darah memeriksa tekanan darah pasien terinfeksi virus corona yang sembuh Monica Jacobs sebelum ia mendonasikan plasma convalescent di Pusat Donor Darah Central Seattle Barat Laut ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), di Seattle, Washington, Amerika Serikat, Rabu (2/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Lindsey Wasson)

Yan Octa mengatakan, dilakukannya aksi donor darah ini sekaligus untuk meningkatkan rasa empati atau kepedulian terhadap sesama. Khususnya masyarakat Malinau yang membutuhkan persediaan stok darah.

"Aksi donor darah ini untuk meningkatkan kesehatan kesehatan personel Pamtas, karena donor darah dapat menyehatkan badan bagi pendonornya," kata Yan Octa.

Kegiatan donor darah ini, Yan Octa memastikan, ke depannya akan rutin dilaksanakan personel Pamtas yang bertugas menjaga perbatasan NKRI di Kaltara. Setidaknya rutin digelar setiap tiga bulan sekali di Malinau. 

3. Tambahan stok darah bagi warga Malinau

Donor Darah Pasukan Pengamanan Perbatasan di KaltaraIlustrasi kegiatan gelaran donor darah untuk penuhi kekurangan stok darah di PMI (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam pelaksanaan donor darah kali ini, Yan Octa menyebutkan, stok arah yang terkumpul untuk persediaan di RS Malinau sebanyak 51 kantong darah. Dengan harapan bisa bertambah pada kegiatan donor darah yang akan datang.

"Kegiatan ini pertama kali dilakukan Pamtas Yonarmed 5/105 Tarik/PG, meski begitu animo masyarakat dan instansi lainnya cukup banyak yang ikut serta donor darah," paparnya. 

Baca Juga: PLN Sambungkan Jaringan Listrik Antara Kaltim dan Kaltara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya