DPRD Balikpapan Bentuk Panitia Pemilihan untuk Jabatan Wawali

Jabatan Wakil Wali Kota Balikpapan lama kosong

Balikpapan, IDN Times - DPRD Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) membentuk panitia pemilihan jabatan wakil wali kota setempat yang lama kosong untuk  masa jabatan 2021-2024. Panitia bertugas menjaring calon dan menetapkannya untuk dipilih Wali Kota Rahmad Mas’ud.

“Karena itu sifatnya terbatas, hanya parpol pengusung saja yang boleh mengajukan calon. Di luar parpol pengusung tidak bisa,” kata Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh diberitakan Antara, Selasa (25/7/2023).

1. Pemilihan kepala daerah di Balikpapan pada 2019 lalu

DPRD Balikpapan Bentuk Panitia Pemilihan untuk Jabatan WawaliWali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud melakukan ziarah ke makam almarhum Thohari Aziz di pemakaman terpadu TPU Km 15 Jalan Soekarno Hatta Balikpapan Utara (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pada Pemilu Wali Kota itu 2019 itu, partai politik mengusung pasangan Rahmad Mas’ud-Thohari Aziz adalah Partai Golkar dan PDI Perjuangan bersama-sama dengan Partai Perindo, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Demokrat, Gerindra, dan Partai Keadilan Sejahtera. Rahmad Mas’ud dari Partai Golkar, Thohari Aziz dari PDIP.

Karena itu, menurut Abdulloh calon tidak bisa diusulkan di luar partai pengusung karena sejatinya kursi wakil wali kota tersebut sudah dimenangkan PDIP dengan calonnya saat itu Thohari Aziz.

Pasangan calon Rahmad Mas’ud-Thohari Aziz menang melawan kotak kosong pada Pemilu Wali Kota 2020 silam.

Baca Juga: Kilang Balikpapan Produksi 2,6 Juta Barel Avtur pada Pertengahan 2023

2. Thohari Aziz meninggal dunia

DPRD Balikpapan Bentuk Panitia Pemilihan untuk Jabatan WawaliAlmarhum Thohari Aziz, Wakil Wali Kota Balikpapan terpilih. Foto dok

Namun, malang tak dapat ditolak, Thohari Aziz meninggal dunia terpapar COVID-19 pada Januari 2021, beberapa hari sebelum vaksinasi massal di mulai di Balikpapan dan seluruh Indonesia.

Di sisi lain, selama ini parpol pengusung sudah siap dengan sejumlah nama untuk diusulkan. PKS, misalnya, mendorong Sekkot Sayid MN Fadli untuk maju menerima amanah tersebut.

3. Calon Wakil Wali Kota Balikpapan

DPRD Balikpapan Bentuk Panitia Pemilihan untuk Jabatan WawaliKetua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh (IDN Times/Maulana)

Kemudian, ada empat calon nama yang diajukan partai politik di DPRD Kota Balikpapan sebagai calon Wakil Wali Kota Balikpapan. Mereka adalah Budiono dari PDIP, Sabaruddin Panrecalle dari Partai Gerindra, Denni Mappa dari Partai Demokrat dan terakhir Sayid MN Fadli dari PKS.

PDIP sendiri mencalonkan Risti Utami Dewi, istri mendiang Thohari Aziz selain juga Budiono, kader yang mendampingi Thohari mendaftar sebagai calon wakil wali kota di 2019 silam.

Baca Juga: PT Pegadaian Ikuti Kegiatan Bersih-bersih Pantai Melawai Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya