Comscore Tracker

Dua Kabupaten di Kaltim Masuk dalam Zona Hijau COVID-19

Penanganan COVID-19 di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Perkembangan virus corona di Kalimantan Timur (Kaltim) membuat kasus COVID-19 kabupaten dan kota fluktuasi, serta berubah dinamis mempengaruhi status zona wilayah. Hari ini, Jumat 3 Desember 2021, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyusul Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) di zona hijau.

"Sejauh ini kasus COVID-19 masih fluktuatif. Dan, Penajam Paser Utara menyusul Mahakam Ulu ke zona hijau, sementara kabupaten dan kota lainnya masih dinamis," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

1. Kasus COVID di Kaltim

Dua Kabupaten di Kaltim Masuk dalam Zona Hijau COVID-19Vaksinasi virus COVID-19 di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Hilmansyah)

Berdasarkan rilis Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim, terkonfirmasi positif terjadi satu kasus di Kabupaten Paser, sehingga kumulatif di Kaltim total 158.246 kasus. Sementara pasien sembuh dan selesai isolasi ada 13 kasus, total menjadi 152.739 kasus, pasien dirawat berkurang 12 kasus, tersisa 55 kasus.

"Meninggal nol kasus, sehingga tetap 5.452 kasus," sebutnya.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 Diyakini akan Berakhir di Kaltim

2. Upaya dilakukan Pemprov Kaltim

Dua Kabupaten di Kaltim Masuk dalam Zona Hijau COVID-19Pelaksanaan serbuan vaksinasi COVID-19 oleh TNI AU di Kabupaten Berau Kalimantan Timur (Kaltim). Foto istimewa

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim ini menambahkan upaya pemerintah meminimalkan penyebaran dan penularan wabah Corona. Pemprov Kaltim telah menerbitkan surat edaran Gubernur Kaltim larangan bepergian dan cuti dimasa libur nasional bagi PNS dan non PNS.

"Selayaknya kita semua tetap menjaga diri dan waspada. Caranya, tetap taat dan patuh anjuran pemerintah, serta disiplin protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari," pesannya. 

3. Laporan progres penanganan COVID-19 di Kaltim

Dua Kabupaten di Kaltim Masuk dalam Zona Hijau COVID-19Vaksinasi COVID-19 memperingati HUT Polwan di Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kaltim melaporkan, kota/kabupaten setempat berstatus zona oranye dan kuning. Bahkan Kota Balikpapan sudah tidak lagi menjadi episentrum penyebaran di mana sebelumnya sempat menyandang status zona merah pandemik virus COVID-19.

Satgas COVID-19 Nasional melaporkan, kasus terpapar virus COVID-19 tertinggi masih terjadi di Jawa Tengah, Jawa Barat, Riau, DKI Jakarta, dan Yogjakarta. 

Sedangkan kasus pasien di Provinsi Kaltim cenderung positif di mana tercatat sebanyak 82 kasus atau naik 2,5 persen dibanding data 18 November 2021 lalu tercatat sebanyak 80 kasus.

Baca Juga: Kota/Kabupaten di Kaltim Diminta Siapkan Data Jumlah Korban COVID-19

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya