Dua Petambak Dilaporkan Tersesat dan Hilang di Perairan Bulungan 

Ada dugaan mereka tersesat di perairan Kaltara

Balikpapan, IDN Times - Dua orang petambak dilaporkan hilang kontak di perairan Pulau Lentimun Tanjung Palas Tengah Bulungan Kalimantan Utara (Kaltara). Petambak bernama Wendy (38) dan Ady (27) diduga hilang sejak Jumat 8 Oktober 2021 pukul 19.00 Wita. 

"Basarnas Tarakan menerima laporan warga dhilang kontak di perairan Kaltara sekitar pukul 05.45 Wita," kata Kepala Basarnas Tarakan Amiruddin dalam siaran pers, Sabtu (9/10/2021). 

1. Petambak menuju lokasi tambak di perairan Selayau Tanjung Selor

Dua Petambak Dilaporkan Tersesat dan Hilang di Perairan Bulungan Tim Basarnas sebelum menuju lokasi lakalaut (Dok. Basarnas Balikpapan)

Amiruddin mengatakan, petambak dalam perjalanan menuju lokasi tambaknya di perairan Selayau Tanjung Selor Bulungan dengan mempergunakan perahu nelayan. Selama perjalanan itu, mereka masih berkomunikasi dengan keluarganya yang berada di darat.

"Niatnya mau ke tambak di sekitar perairan Selayau, berangkat dari Tanjung Selor, Bulungan, dalam perjalanan antara keluarga dan para korban masih sempat saling berkomunikasi," jelasnya.

Namun sesampainya di perairan Pulau Lentimun, menurut Amiruddin para petambak ini diduga tersesat hingga putusnya komunikasi. Pihak keluarga sudah tidak bisa menghubungi mereka lagi. 

Baca Juga: Rekor, Ratusan Kilogram Narkotika Jenis Sabu Diamankan Polda Kaltara 

2. Keluarga melaporkan orang hilang

Dua Petambak Dilaporkan Tersesat dan Hilang di Perairan Bulungan Tim SAR Tarakan dalam pencarian korban hilang di perairan Kalimantan Utara, Jumat (17/9/2021). Foto istimewa

Berselang sehari setelah putusnya komunikasi mereka, Amiruddin menyebutkan, pihak keluarga secara resmi membuat laporan ke Basarnas Tarakan, Sabtu (9/10/2021) pukul 05.45 Wita. 

Keluarga juga menceritakan kronologis hilangnya para korban di perairan Pulau Lentimun Tanjung Palas Tengah Bulungan. Mereka diduga tersesat hingga putus komunikasi.  

Keluarga sudah tidak bisa lagi menghubungi keduanya lewat jalur komunikasi radio maupun ponsel. 

3. Basarnas Tarakan melakukan pencarian

Dua Petambak Dilaporkan Tersesat dan Hilang di Perairan Bulungan Tim SAR Balikpapan saat menemukan korban tenggelam (Dok. Tim SAR Balikpapan)

Sejak pagi ini, Basarnas Tarakan langsung membentuk tim serta menerjunkannya menuju lokasi kejadian bencana. Sebagai langkah awal, tim rescue memfokuskan pencarian di tempat terakhir di mana korban dilaporkan hilang, yakni di perairan Pulau Lentimun.

"Basarnas Tarakan telah menerjunkan tim untuk melakukan proses pencarian dan pertolongan," tegasnya.

Dalam proses pencarian ini, Basarnas Tarakan akan berkoordinasi dengan instansi terikat lain di Kabupaten Bulungan agar ikut membantu dalam proses pencarian para korban. 

"Tim melakukan komunikasi dengan potensi yang ada di lapangan, pihak keluarga dan warga sekitar," sebutnya. 

Baca Juga: Berantem Sesama ABK hingga Jatuh dan Hilang di Perairan Kaltara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya