Generasi Muda Dominasi Pencarian Properti di IKN

Pencari properti berusia 18-34 tahun

Balikpapan, IDN Times - Studi terbaru dari portal properti Rumah123 mengungkapkan bahwa pencari properti di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) didominasi oleh generasi muda.

Kantor Berita Antara melaporkan, Marisa Jaya, Head of Research Rumah123, mengungkapkan bahwa selama periode Januari-April 2024, pencari properti di kawasan IKN yang berusia 18-34 tahun mendominasi dengan persentase sebagai berikut: Balikpapan (56,9 persen), Kutai Kartanegara (71,4 persen), Penajam Paser Utara (48,5 persen), dan Samarinda (56,4 persen).

1. Proporsi pencari properti usia 35-64 tahun

Generasi Muda Dominasi Pencarian Properti di IKNIlustrasi pekerja (pexels.com/ Mikael Blomkvist)

Proporsi pencari properti usia 35-64 tahun juga signifikan, yaitu: Balikpapan (42,8 persen), Kutai Kartanegara (28,6 persen), Penajam Paser Utara (51,5 persen), dan Samarinda (43,6 persen).

"Ketertarikan terhadap proyek IKN menjadi faktor utama yang menarik minat generasi muda dalam mencari properti di kawasan tersebut," kata Marisa. Generasi ini, yang umumnya selalu mengikuti perkembangan terkini, tertarik pada prospek dan perkembangan proyek besar IKN.

Selain itu, banyak dari mereka melihat IKN sebagai peluang investasi properti. Generasi muda dengan daya finansial yang kuat mencari peluang investasi di wilayah baru dengan potensi pertumbuhan tinggi.

"Mereka melihat kawasan sekitar IKN sebagai area dengan prospek kenaikan nilai properti yang besar di masa depan, terutama dengan berbagai proyek pengembangan infrastruktur dan fasilitas publik yang direncanakan," tambah Marisa.

Baca Juga: Operasi Patuh Mahakam 2024 Ditegakkan di Balikpapan 

2. Permintaan rumah tapak dan tanah

Generasi Muda Dominasi Pencarian Properti di IKNProyek pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Timur. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Permintaan properti di kawasan IKN didominasi oleh rumah tapak dan tanah. Generasi muda (usia 18-34 tahun) menjadi kelompok peminat terbesar, didorong oleh keingintahuan terhadap perkembangan proyek IKN dan prospek investasi.

Mayoritas peminat berasal dari kawasan IKN dan Jakarta, dengan preferensi harga rumah yang bervariasi dari kelas menengah hingga menengah-atas. Permintaan didominasi oleh warga dari sekitar wilayah IKN dan Jakarta.

3. Persentase pencari properti di IKN

Generasi Muda Dominasi Pencarian Properti di IKNilustrasi loyalitas generasi milenial di perusahaan (unsplash.com/Sebastian Herrmann)

Di Balikpapan, pencari properti terbesar berasal dari kota itu sendiri (29,9 persen), Jakarta (21 persen), dan Samarinda (13,2 persen). Di Kutai Kartanegara, permintaan banyak berasal dari Jakarta (23,4 persen), Samarinda (15 persen), dan Balikpapan (10,5 persen).

Di Penajam Paser Utara, permintaan tertinggi berasal dari Jakarta (31 persen), diikuti warga Balikpapan (9,5 persen) dan Samarinda (6,1 persen). Di Samarinda, permintaan terbesar berasal dari warganya sendiri (39,3 persen), disusul Balikpapan (19 persen) dan Jakarta (13,7 persen).

Baca Juga: 8 Tempat Karaoke Terbaik di Balikpapan untuk Malam Penuh Hiburan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya