Gubernur Kaltim Melantik Penjabat Bupati PPU 

Bupati Hamdam Pongrewa akhir jabatan 19 September 2023

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor melantik Makmur Marbun sebagai Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) menggantikan bupati sebelumnya, Hamdam Pongrewa, yang mengakhiri jabatan pada 19 September 2023.

"Memimpin PPU adalah tantangan besar karena daerah tersebut merupakan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) yang sedang dibangun," ujar Isran Noor dilaporkan Antara di Gedung Odah Etam Samarinda, Selasa (19/9/2023).

1. Pj Bupati PPU diminta kerja sama dengan pusat

Gubernur Kaltim Melantik Penjabat Bupati PPU Plt. Bupati PPU, Hamdam dan Bupati Donggala, Kasman Lassa tunjukan Mou (IDN Times/Ervan)

Isran mengharapkan Makmur Marbun dapat bekerja sama dengan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota lain terkait koordinasi kebijakan dengan IKN.
 
“Pj Bupati PPU harus siap untuk menyambut kunjungan kerja Presiden yang akan meninjau calon istana baru di IKN. Kemudian, dia juga harus mempersiapkan penyelenggaraan pilkada, pileg, dan pilpres di sana,” kata Isran Noor.

Isran Noor mengucapkan terima kasih kepada Hamdam Pongrewa yang telah melaksanakan tugas dengan baik selama menjabat sebagai Bupati PPU.

Baca Juga: Kontrol Peredaran Ganja dari Lapas, Napi Samarinda Divonis 6 Tahun

2. Masyarakat diminta menerima Pj Bupati PPU

Gubernur Kaltim Melantik Penjabat Bupati PPU Kantor Bupati PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Masyarakat PPU, lanjut Isran, diharapkan dapat menerima dan mendukung Makmur Marbun sebagai pemimpin baru mereka. “Selamat kepada rakyat PPU yang mendapat pimpinan baru. Kerja sama dengan baik, rukun, sampaikan informasi dengan hormat, niat, dan itikad yang baik agar penjabat Bupati PPU bisa bekerja dengan baik dan lancar,” ujarnya.
 
Sementara, Pj Bupati PPU Makmur Marbun mengaku siap untuk menjalankan tugas sesuai dengan amanat yang diberikan kepadanya. “Pemimpin adalah sebuah kepercayaan masyarakat. Oleh sebab itu kami harus hormati dan hargai," katanya.

3. Pj Bupati PPU berjanji gelar pemerintahan dengan baik

Gubernur Kaltim Melantik Penjabat Bupati PPU Ilustrasi aparatur sipil negara (ASN). IDN Times/Ervan Masbanjar

Makmur mengatakan akan menggelar pemerintahan yang berjalan dengan baik di Penajam, selain bersinergi dengan pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota lain di Kalimantan Timur terkait IKN. 
 
"Saya mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar bisa melaksanakan tugas dengan baik,” tutur pejabat Kementerian Dalam Negeri itu.

Baca Juga: Pemkot Samarinda Bongkar Ruko untuk Buka Akses Jalan ke RTH

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya