Gubernur Kaltim Setuju Penggunaan Kartu Kendali untuk Solar Bersubsidi

Menangani kelangkaan solar di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menyetujui rencana Pertamina Patra Niaga regional Kaltim menerapkan penggunaan kartu kendali atau fuel card dalam penyaluran solar bersubsidi kepada masyarakat setempat.

“Lanjutkan saja, lakukan yang terbaik. Perhatikan dengan baik supply and demand, agar masyarakat tidak merasakan kelangkaan BBM. Karena jujur saja untuk sektor energi ini peran dari pemerintah daerah sangat terbatas,” kata Isran Noor seperti diberitakan Antara, Jumat (1/4/2022). 

1. Gubernur Kaltim menerima audensi dari Pertamina

Gubernur Kaltim Setuju Penggunaan Kartu Kendali untuk Solar BersubsidiIDN Times/Surya Aditya

Isran menerima audensi jajaran Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan di Kantor Gubernur Kaltim. Dalam kesempatan itu, ia meminta kepada jajaran Pertamina untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kaltim.

Terutama dalam hal penyediaan stok bahan bakar minyak (BBM) untuk kebutuhan masyarakat.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H di Samarinda dan Sekitarnya

2. Isran Noor berkontribusi dalam pembangunan rumah layak huni

Gubernur Kaltim Setuju Penggunaan Kartu Kendali untuk Solar BersubsidiIlustasi salah satu rumah yang tidak layak huni tengah dibangun (IDN Times/ istimewa)

Selain pembahasan BBM, pada kesempatan itu Isran  Noor juga meminta kepada Pertamina Patra Niaga serta perusahaan BUMN maupun swasta untuk turut berkontribusi dalam pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat di Kaltim. 

"Pertamina harus terdepan membangun rumah layak huni di Kaltim. Demikian juga perusahaan-perusahaan lainnya yang beroperasi di Kaltim. Sehingga masyarakat Kaltim juga turut merasakan dampak dari beroperasinya perusahaan-perusahaan di Kaltim,” kata Isran Noor.

Isran Noor menyebut wilayah Kaltim merupakan daerah penghasil minyak bumi, gas, kayu dan batu bara yang semuanya masuk dalam devisa negara, namun sayangnya masih banyak masyarakat Kaltim yang belum beruntung dan belum mempunyai rumah layak huni.

3. Pertamina telah melaporkan perkembangan kegiatan penyaluran kebutuhan BBM

Gubernur Kaltim Setuju Penggunaan Kartu Kendali untuk Solar BersubsidiAntrean truk logistik dan bus antar-kota/kabupaten yang membeli solar subsidi di SPBU Malalayang, Manado, Sulut, Kamis (24/3/2022). IDNTimes/Savi

Sementara itu, General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Freddy Anwar mengatakan, pihaknya telah melaporkan perkembangan kegiatan penyaluran kebutuhan BBM bagi masyarakat kepada Gubernur Kaltim.

“Kami meminta arahan dan masukan dalam upaya peningkatan pelayanan Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan terkait pendistribusian solar subsidi di Kaltim,” katanya. 

Dia menjelaskan penggunaan kartu kendali tersebut dimaksudkan sebagai kontrol agar penyaluran solar bersubsidi bisa tepat sasaran sesuai kuota yang ditentukan.

Baca Juga: Akses Jalan Samarinda-Bontang Dijanjikan akan Mulus Tahun Ini

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya