Hipmi Balikpapan Sumbang Rp15 Juta untuk Korban Kebakaran Klandasan

Kepedulian para pengusaha muda di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menyumbang Rp15 juta untuk para korban kebakaran Klandasan Ulu. Uang tersebut merupakan wujud kepedulian para anggota Hipmi Balikpapan yang beranggotakan 100 pengusaha muda lokal setempat. 

"Bentuk kepedulian kami untuk membantu para korban kebakaran di Klandasan Ulu," kata Ketua Panitia Robby Pebrianto kepada IDN Times, Sabtu (23/3/2024). 

1. Para korban masih tinggal di tenda pengungsi

Hipmi Balikpapan Sumbang Rp15 Juta untuk Korban Kebakaran KlandasanPosko korban kebakaran di Klandasan Ulu Balikpapan Kalimantan Timur, Sabtu (23/3/2024). (IDN Times/Sri.Wibisono)

Robby mengaku prihatian dengan kondisi ratusan korban kebakaran ini yang terpaksa tinggal di tenda-tenda pengungsian. Seperti diketahui, Pemerintah Kota Balikpapan mendirikan tenda-tenda pengungsi sebagai hunian sementara para korban kebakaran di Klandasan Ulu yang totalnya mencapai ratusan jiwa.

Situasi yang cukup berat dialami korban mengingat kejadian bencana terjadi bertepatan saat ibadah puasa RBulan Ramadan di tahun ini.  

Hal tersebut akhirnya mematik kepedulian Hipmi untuk turut berkontribusi dalam memberikan bantuan.  Sore harinya, Hipmi Balikpapan juga menggelar agenda buka puasa bersama 20 anak panti asuhan setempat. 

Baca Juga: Amuk Si Jago Merah Hanguskan Puluhan Rumah di Klandasan

2. Kepedulian Hipmi Balikpapan pada korban bencana

Hipmi Balikpapan Sumbang Rp15 Juta untuk Korban Kebakaran KlandasanKetua Hipmi Balikpapan Iwan Wahyudi dalam acara buka bersama anak-anak dari panti asuhan, Sabtu (23/3/2024). (IDN Times/Sri.Wibisono)

Dalam kesempatan sama, Ketua Hipmi Balikpapan Iwan Wahyudi menyatakan sudah menjadi tanggung jawab bersama meringankan beban ditanggung para korban. Anggota legislatif Balikpapan ini tidak memungkiri kondisi para korban yang mendiami area ilegal pembangunan.

Namun perhatian Hipmi Balikpapan adalah soal kemanusiaan yang mengalami korban bencana.  

"Sekarang ini kita meminggirkan persoalan-persoalan tersebut dan lebih mengedepankan persoalan kemanusiaan di mana ada para korban yang membutuhkan pertolongan," ujarnya. 

Sebagaimana diketahui, lokasi kebakaran di Jalan Jenderal Sudirman RT 09 Kelurahan Klandasan Ulu Balikpapan tersebut merupakan area pesisir pantai yang terlarang aktivitas perumahan. 

Iwan pun mengapresiasi kepada Pemkot Balikpapan yang bergerak cepat memberikan bantuan logistik kepada para korban. Termasuk pula mengalokasikan anggaran sewa rumah kepada korban kebakaran ini. 

3. Bencana kebakaran di Klandasan Ulu

Hipmi Balikpapan Sumbang Rp15 Juta untuk Korban Kebakaran KlandasanPuluhan rumah di Jalan Jenderal Sudirman RT 09 Kelurahan Klandasan Ulu, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur hangus terbakar, Senin (18/3/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

IDN Times sempat melaporkan si jago merah menghanguskan puluhan rumah di Jalan Jenderal Sudirman RT 09 Kelurahan Klandasan Ulu, Kota Balikpapan pada Senin 18 Maret 2024 lalu. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa nahas ini, tetapi peristiwa tersebut menyebabkan ratusan orang kehilangan tempat tinggal. 

Salah seorang korban kebakaran Musliatun menyebutkan, kebakaran terjadi setelah waktu Sahur di salah satu rumah pemukiman padat penduduk ini. 

“Saya keluar rumah hanya dengan baju yang saya pakai, segala harta benda kami habis terbakar,” ujarnya saat itu.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan melaporkan total rumah hangus terbakar sebanyak 49 unit dengan 263 jiwa kehilangan tempat tinggal. Mayoritas di antara mereka adalah kelompok masyarakat level ekonomi menengah ke bawah di Balikpapan. 

Baca Juga: Pemprov Kaltim Distribusi Logistik Korban Kebakaran di Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya