Hujan Deras Seharian Guyur di Balikpapan Sebabkan 12 Titik Genangan

Hujan terjadi sejak dini hari hingga siang 

Balikpapan, IDN Times - Sejumlah kawasan di Kota Balikpapan tergenang air setelah hujan deras mengguyur kota tersebut sejak Selasa (27/8/2024) dini hari. Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan, setidaknya ada 12 titik genangan air di Kota Minyak.

Beberapa titik genangan di antaranya berada di permukiman seperti Perumahan Graha Mulawarman, Kelurahan Manggar; Jalan PJHI RT 16, Batakan, Kelurahan Manggar; serta RT 54, Kelurahan Manggar. "Ketinggian genangan air di kawasan ini bervariasi, mulai dari 40 hingga 60 sentimeter," ujar Kepala BPBD Balikpapan Usman Ali dilaporkan Antara.

1. Lokasi titik banjir di Balikpapan

Hujan Deras Seharian Guyur di Balikpapan Sebabkan 12 Titik GenanganIlustrasi banjir di kawasan Km 17 Kelurahan Karang Joang Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (2/1/2024). (IDN Times/Hilmansyah).

Tujuh titik genangan lainnya terdeteksi di jalan dan gang, antara lain di Gang Mufakat 1, Kelurahan Damai Bahagia; Bangun Reksa Kilometer 6, Kelurahan Graha Indah; jalan masuk Stadion Batakan, Kelurahan Manggar; depan PLTD; Jalan PJHI RT 14 dan 15 Batakan, Kelurahan Manggar; Gang Kunang-Kunang, Kelurahan Manggar; RT 28, Batu Ampar; serta Perumahan Pupuk bagian bawah, Kelurahan Damai. "Genangan di jalan dan gang memiliki ketinggian antara 10 hingga 30 sentimeter," tambah Usman.

Selain genangan air, dua lokasi di Balikpapan juga mengalami pergerakan tanah yang menyebabkan tanah longsor, yaitu di Markoni Atas dan Gunung Polisi.

Baca Juga: 5 Taman Kota di Balikpapan yang Asyik untuk Berakhir Pekan

2. Hujan deras melanda di Balikpapan

Hujan Deras Seharian Guyur di Balikpapan Sebabkan 12 Titik GenanganIlustrasi banjir (IDN Times/Hilmansyah).

Hujan deras mulai turun di Kota Balikpapan sejak Senin (26/8/2024) malam sekitar pukul 21.00 WITA, dan sempat reda pada Selasa pagi sebelum kembali turun dengan intensitas tinggi pada pukul 14.00 WITA. Meskipun terjadi genangan air di beberapa lokasi, arus lalu lintas di Balikpapan, yang merupakan pintu gerbang menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), masih terpantau lancar karena ruas jalan utama tidak terdampak.

Pemerintah daerah bersama unsur keamanan seperti TNI, Polri, serta relawan turut membantu warga yang terdampak. Di Kelurahan Damai, personel BPBD, Brimob, Subdit Patroli Ditpolairud Polda Kaltim, dan Satpol PP Balikpapan dikerahkan untuk pemantauan dan bantuan evakuasi.

"Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim menerjunkan tim untuk melakukan evakuasi dan penyelamatan korban banjir di Jalan MT Haryono pada Selasa, 27 Agustus 2024," kata Danyon A Pelopor Komisaris Pol Iwan Pamuji, dalam keterangan tertulisnya.

3. Kepolisian menyisir lokasi banjir untuk evakuasi warga

Hujan Deras Seharian Guyur di Balikpapan Sebabkan 12 Titik GenanganBanjir di kawasan Km 18 Kelurahan Karang Joang Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (3/1/2024). (IDN Times/Hilmansyah).

Iwan menjelaskan bahwa genangan air meningkat pada siang hari, sehingga anggota kepolisian menyisir lokasi-lokasi banjir untuk mengevakuasi warga yang membutuhkan bantuan. Tim Respons Bencana Brimob Batalyon A Pelopor juga membantu warga yang harus tetap beraktivitas meski terdampak banjir, seperti membantu mereka yang kendaraannya mogok di tengah genangan air.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Andy Rifai, menegaskan bahwa Tim Respons Bencana Brimob akan terus bersiaga di lokasi bencana dan fokus pada proses evakuasi warga yang bersedia mengungsi ke tempat yang lebih aman. "Genangan air kali ini tidak seperti biasanya. Kami mengimbau warga untuk tetap waspada dan mengamankan diri guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Baca Juga: PKS Mengusung Andi Harun-Saefuddin Zuhry dalam Pilkada Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya