Comscore Tracker

Hujan Dua Jam, Samarinda Terendam Air hingga Sepinggang Orang Dewasa

Banjir sudah menjadi masalah rutin Samarinda

Samarinda, IDN Times - Hujan deras mengguyur Kota Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (29/8/2021) sejak pukul 18.00 Wita hingga 20.00 Wita. Akibatnya, puluhan titik pemukiman di kota ini terendam air hujan hingga terparah 60 centimeter. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda, telah terjun langsung ke beberapa titik untuk mengupayakan bantuan berupa perahu karet bagi warga yang rumahnya terendam banjir, serta kendaraan yang macet di tengah banjir.

“Kita sudah terjunkan 3 unit bantuan seperti perahu karet, dan kapal kelotok. Untuk bantuan evakuasi korban banjir,” kata Iskandar selaku PLH Bidang 2 BPBD Kota Samarinda.

1. Kondisi terkini Samarinda

Hujan Dua Jam, Samarinda Terendam Air hingga Sepinggang Orang DewasaBanjir di Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (29/8/2021). (IDN Times/Nina)

Kondisi banjir di Samarinda tampak mulai menyusut pukul 23.43 Wita. Meski begitu. Kondisi ruas jalan perkotaan, masih lumpuh lantaran, genangan air belum begitu surut. BPBD Kota Samarinda. BPBD Samarinda mengatakan, surutnya air diperkirakan masih membutuhkan waktu selama 2 jam ke depan.

“Masih terpantau genangan banjir di 55 titik. Ini bisa turun kemungkinan 2 jam lagi, terang Iskandar

Baca Juga: Resmi Beroperasi, Tol Balikpapan-Samarinda Gratis Dua Pekan

2. BPBD turunkan 3 unit perahu karet.

Hujan Dua Jam, Samarinda Terendam Air hingga Sepinggang Orang DewasaPetugas BPBD Samarinda dalam mengevakuasi warga kebanjiran, Minggu (29/8/2021). (IDN Times/Nina)

Sejak pukul 20.00, Iskandar yang juga menjabat sebagai Kepala Logistik BPBD Samarinda mengatakan, pihaknya telah menurunkan 3 unit bantuan perahu karet yang di gunakan untuk membantu evakuasi warga di lokasi banjir.

“Baru 3 unit. 1 unit di Loa Bakung, dan 2 unit dikirim ke wilayah Loa Buah. Tapi saat ini, Loa buah sudah kondusif,” terangnya

3. Pohon, tiang listrik, yang tumbang dan longsor terpantau di 3 titik

Hujan Dua Jam, Samarinda Terendam Air hingga Sepinggang Orang DewasaBanjir di Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (29/8/2021). (IDN Times/Nina)

Dampak dari tingginya intensitas air hujan sejak sore tadi, mengakibatkan beberapa jalan di Samarinda sempat lumpuh. Selain banjir, 3 titik Kawasan di samarinda, mengalami bencana, longsor, dan tumbangnya pohon serta tiang listrik di kawasan tersebut.

“Ada 3 kawasan yang terdampak hujan lebat. Yang akibatkan longsor, pohon dan tiang listrik tumbang,” bebernya.

Menurut rilis data yang di berikan oleh TRC ITS, sebagai Komunitas Relawan di Samarinda. Kawasan yang terkena longsor itu, berada di Jalan Padat Karya Gg. Melati Kelurahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang. Sedangkan titik lokasi terjadinya pohon dan listrik tumbang berada di Loa Buah dan di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Loajanan Ilir.

Baca Juga: Kisah Kelam Aktivis Samarinda yang Dulu Jadi Korban Pelecehan Seksual

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya