Jelang Ramadan, Dishub Kaltim Inspeksi Keselamatan Bus Transportasi

Demi keselamatan penumpang

Samarinda, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) sejumlah bus di pool perusahaan bus Gelora, yang berlokasi di KM 1 Jalan Soekarno Hatta, Balikpapan, Kamis (14/4/2022).

Ramp check dilaksanakan guna memeriksa keamanan dan kelaikan transportasi dalam rangka persiapan angkutan lebaran mendatang.

 

“Kami langsung action, karena salah satu arahan Kapolri yaitu mengecek kesiapan transportasi yang akan melayani masyarakat mudik lebaran tahun ini,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kaltim AFF Sembiring dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

 

Baca Juga: Akses Jalan Samarinda-Bontang Dijanjikan akan Mulus Tahun Ini

1. Koordinasi lintas sektor pengamanan lebaran Idul Fitri

Sembiring mengatakan, jajarannya bergerak cepat, usai mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Pengamanan Idul Fitri 1443 H, di Markas Kepolisian Daerah Kaltim, dilanjutkan melakukan ramp check angkutan darat di Balikpapan.

Dia membeberkan, ada tiga hal yang menjadi target pemeriksaan guna memastikan kendaraan memenuhi syarat teknis dan laik jalan yaitu kelengkapan administrasi kendaraan, pemeriksaan fisik dan kelengkapan sarana penunjang.

“Kita cek semua, mulai surat kendaraan, masa berlaku kirnya. Kalau fisik ya kita periksa kondisi kendaraan seperti mesin, sistem pengereman dan lain-lain,” jelas Kadishub.

2. Pengecekan dilakukan juga pada transportasi laut dan sungai

Jelang Ramadan, Dishub Kaltim Inspeksi Keselamatan Bus TransportasiIlustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Dishub Kaltim dalam waktu dekat juga akan melakukan ramp check pada moda transportasi lain seperti kapal laut, kapal sungai bahkan kapal wisata. Hal tersebut dilakukan guna menjamin keselamatan penumpang.

“Kenapa kapal wisata, karena pada libur Idul Fitri kan banyak masyarakat yang berwisata menggunakan kapal seperti kapal susur Sungai Mahakam,” pungkasnya. 

Baca Juga: Pembayaran THR Karyawan Perusahaan di Balikpapan Tak Boleh Dicicil

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya