Comscore Tracker

Kaltim Masuk dalam 7 Besar Provinsi dengan Jumlah Sekolah Adiwiyata

Balikpapan peringkat pertama Sekolah Adiwiyata terbanyak

Samarinda, IDN Times - Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) masuk dalam 7 besar provinsi di Indonesia dengan jumlah Sekolah Adiwiyata terbanyak. Bahkan Balikpapan merupakan kota urutan pertama dengan jumlah Sekolah Adiwiyata terbanyak se Indonesia.

"Ini luar biasa, prestasi sekolah kita ini luar biasa," kata Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (6/12/2022). 

1. Hadi Mulyadi menyerahkan penghargaan Sekolah Adiwiyata

Hadi menyerahkan penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional (SAN) dan Sekolah Adiwiyata Mandiri (SAM) serta Program Kampung Iklim (Proklim) Nasional Provinsi Kaltim Tahun 2022 di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim. 

Dalam kesempatan itu pula, Hadi berharap berharap prestasi ini harus diikuti dengan perubahan perilaku dan komitmen pihak sekolah untuk memperhatikan lingkungannya secara berkelanjutan.

Yakni sikap dan gaya hidup ramah lingkungan menjadi budaya dan perilaku warga sekolah, baik pimpinan (kepala sekolah) dan guru, terlebih para siswa dan komponen lingkup sekolah. "Tolong Pak Kadisdik data Sekolah Adiwiyatanya. Nanti saya akan croscek langsung ke sekolah-sekolah itu," ungkapnya.

Baca Juga: DKK: Sebanyak 380 Warga Samarinda Positif Terjangkit HIV/AIDS

2. Wagub Kaltim ingin melihat langsung kondisi sekolah di wilayahnya

Kaltim Masuk dalam 7 Besar Provinsi dengan Jumlah Sekolah AdiwiyataIDN Times/Musthofa Aldo

Dalam komitmennya, mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini pun menegaskan dirinya ingin melihat langsung bagaimana kondisi riil Sekolah Adiwiyata di Kaltim.

"Saya ingin melihat apakah sekolahnya benar-benar wajar mendapatkan predikat Adiwiyata. Kalau memang wajar dan pantas, akan saya tambah lagi hadiahnya," pungkasnya. 

3. Sekolah Adiwiyata yang ada di Kaltim

Kaltim Masuk dalam 7 Besar Provinsi dengan Jumlah Sekolah AdiwiyataIlustrasi prokes di sekolah (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kaltim Ence Ahmad Rafiddin Rizal menyebutkan jumlah sekolah di Kaltim sebanyak 3.473 unit, sedangkan sekolah berpredikat Adiwiyata total 788 sekolah.

"Maka capaian Sekolah Adiwiyata masih belum maksimal atau masih sebesar 23 persen dari keseluruhan sekolah di Kaltim," ujar Rizal.

Untuk itu lanjutnya, perlu bersama-sama meningkatkan perhatian dan pembinaan agar seluruh sekolah di Kaltim melaksanakan Program Adiwiyata.

Jumlah sekolah di Kaltim sampai tahun 2022 yang telah melaksanakan program adiwiyata hingga tingkatan mandiri tersebar di kabupaten dan kota, terdiri Balikpapan 336 sekolah, Samarinda 113 sekolah, Kutai Kartanegara 84 sekolah, Kutai Timur 78 sekolah, Paser 58 sekolah, Bontang 51 sekolah, Penajam Paser Utara 31 sekolah, Berau 32 sekolah dan Kutai Barat 5 sekolah.

Baca Juga: Pria di Samarinda yang Tikam Penjual Obat, Memiliki Gangguan Mental

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya