Kaltim Menarik Minat Investasi dengan Kehadiran IKN

Pembentukan tim pengawalan investor

Samarinda, IDN Times - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalimantan Timur (Kaltim) berupaya aktif untuk menarik minat investasi ke wilayah tersebut, terutama setelah hadirnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, dengan membentuk tim pengawalan investor.
 
"Kami menyadari bahwa dengan hadirnya IKN, Kaltim akan menjadi pusat ekonomi yang penting, karenanya kita berusaha untuk memanfaatkan potensi tersebut," kata Kepala DPMPTSP Kaltim Puguh Harjanto diberitakan Antara di Samarinda, Sabtu (22/7/2023).

1. Memastikan investor tertarik investasi di Kaltim

Kaltim Menarik Minat Investasi dengan Kehadiran IKNIlustrasi investasi. (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia mengatakan tim itu juga dibentuk untuk memastikan bahwa investor yang tertarik untuk masuk ke Kaltim mendapatkan dukungan dan bantuan yang diperlukan. 
 
Lanjutnya, tim pengawalan investor memiliki beberapa tugas, di antaranya memastikan lokasi dan potensi bahan baku, menjalin komunikasi dengan pemangku kepentingan atau instansi terkait, serta membantu dalam proses izin dan bisnis. 
 
Dengan bantuan dari tim ini, DPMPTSP Kaltim berharap banyak proyek investasi dapat terealisasi di Kaltim, sehingga dapat meningkatkan lapangan kerja dan memaksimalkan peluang ekonomi bagi daerah.
 
"Beberapa negara sudah menunjukkan minat untuk berinvestasi di Kaltim dan telah memberikan penawaran," ujar Puguh.

Baca Juga: Tiga Kampus di Samarinda Kerja Sama dengan Negara-Negara OKI

2. Penawaran kepada negara-negara dunia

Kaltim Menarik Minat Investasi dengan Kehadiran IKNPembangunan Istana Negara di Ibukota Nusantara di Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). (IDN Times/Sri.Wibisono)

Meskipun begitu, pihaknya belum dapat mengungkap lebih lanjut tentang negara-negara tersebut. Harapannya adalah penawaran yang sudah ada dapat menjadi referensi bagi negara-negara lain yang sedang diupayakan untuk diajak berinvestasi.
 
"Selain itu, Pemprov Kaltim juga sedang berusaha untuk memaksimalkan Penanaman Modal Asing (PMA) untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan mengurangi disparitas antar daerah," katanya .

Puguh menambahkan, selain upaya dari tim pengawalan investor, DPMPTSP Kaltim juga melalui Bidang Promosi Penanaman Modal melakukan berbagai upaya untuk menarik minat investor. 

3. Mempromosikan kawasan potensial di Kaltim

Kaltim Menarik Minat Investasi dengan Kehadiran IKNPresiden Jokowi saat meresmikan KEK Maloy pada April 2019 (IDN Times/Humas Pemkab Kutim)

Menurutnya, salah satu upaya adalah mempromosikan dan menawarkan beberapa kawasan potensial di Kaltim, termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy, Kawasan Industri Buluminung (KIB) di Penajam Paser Utara (PPU), Kawasan Industri Kariangau (KIK) di Balikpapan, dan Kaltim Industrial Estate (KIE) di Bontang. 
 
"Upaya ini diharapkan dapat menarik lebih banyak investor untuk berinvestasi ke Kaltim dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah," ujar Puguh.

Baca Juga: Delapan WNA Vietnam Ditahan Kejari Samarinda atas Tuduhan Keimigrasian

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya