Comscore Tracker

Kebakaran Lapas Tangerang Jadi Perhatian Kanwil Kaltim

Rutan dan Lapas Kaltimra diminta mengecek kondisi bangunan

Samarinda, IDN Times - Bencana kebakaran di Lapas Tangerang membuat Kementerian Hukum dan HAM mengevaluasi pengelolaan lapas dan rutan di Indonesia.  Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly meminta jajarannya mengevaluasi kondisi bangunan dan instalasi kelistrikannya.

“Pasca insiden di Tangerang itu, segera kami instruksikan jajaran seluruh lapas dan rutan se Kaltimra," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Kantor Wilayah Kalimantan Timur Utara (Kaltimra) Jumadi, Sabtu (11/9/2021). 

1. Kakanwil Kaltimra arahkan jajarannya

Kebakaran Lapas Tangerang Jadi Perhatian Kanwil KaltimPeninjauan Rutan IIA Samarinda Kaltim. (IDN Times/Nina)

Dalam virtual meeting, Kakanwil Kadivpas Kaltara memberikan pengarahan pimpinan rutan dan lapas rutin melakukan pengecekan kondisi bangunan hingga instalasi listrik di tempat masing-masing. Ia mengacu kondisi bencana menimpa Lapas Tangerang yang membawa korban puluhan jiwa. 

"Saya meminta kepada seluruh kepala UPT lapas dan rutan untuk kembali mengevaluasi kondisi bangunan hingga instalasi listrik di sana," tuturnya.

Selepas itu, Jumadi pun bergegas melakukan tinjauan langsung ke Rutan Kelas II A Sempaja Samarinda. Dari tinjauan dipastikan tidak ada pencurian aliran listrik oleh para hunian. 

“Di sini, tidak ada yang salah. Kita sudah cek, bagus semua. Tinggal pengetatan pengawasan yang kami minta oleh pihak rutan,” ujarnya.

Junaidi berharap agar kejadian di Tangerang dapat dijadikan pelajaran untuk semua lapas dan rutan.

Baca Juga: Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Resmi Berbayar setelah Dua Pekan Gratis

2. Rutan Samarinda telah dilakukan peremajaan

Kebakaran Lapas Tangerang Jadi Perhatian Kanwil KaltimRutan Klas IIA Samarinda di Jalan Wahid Hasyim, Samarinda Utara (IDN Times/Yuda Almerio)

Rutan Samarinda yang beralamat Jalan KH Wahid Hasim No 36 Kelurahan Sempaja Barat Kecamatan Samarinda Utara.  Bangunan rutan sudah berusia sekitar 20 tahun sejak berdiri tahun 2002. 

Dalam proses pengecekan itu, Kepala Rutan (Karutan) Samarinda Alanta Imanuel Ketaren mengajak berkeliling rombongan ke fasilitas umum seperti dapur hingga kamar hunian WBP.

Khususnya bangunan dapur sedang dalam proses renovasi sedangkan instalasi listrik sudah dilakukan proses peremajaan beberapa bulan lalu.  

"Instalasi listrik di lingkungan rutan hingga kamar hunian sendiri sudah sejak beberapa bulan lalu kami lakukan peremajaan," ujarnya. 

Alanta juga memaparkan saat ini renovasi bertahap pun sedang dilakukan secara bertahap. Beberapa fasilitas umum dalam rutan akan jadi objek renovasi selanjutnya.

"Untuk gedung perawatan berkala dilakukan berkelanjutan oleh kami, saat ini kami sedang melakukan renovasi dapur, karena dapur ini kan jadi sumber kehidupan bagi warga binaan kami," paparnya. 

3. Rutan II A Samarinda memperoleh bantuan alat pemadam api

Kebakaran Lapas Tangerang Jadi Perhatian Kanwil KaltimAnjing pelacak BNNP Sulsel bersiaga di Rutan Kelas 1 Makassar/Rutan Kelas 1 Makassar

Dalam momen tersebut, Rutan Kelas IIA Samarinda memperoleh bantuan 8 unit alat pemadam api yang bekerja secara otomatis dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan.

Alat pemadam api ini dipasang di beberapa tempat rawan api.

"Bantuan dirjen ini langsung kami tempatkan di beberapa titik rawan, seperti dapur, panel listrik, serta arena kamar hunian WBP," pungkasnya.

Baca Juga: Ledakan Gas, Belasan Karyawan Rumah Makan Samarinda Dibawa Rumah Sakit

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya