Kilang Pertamina Balikpapan Mengedukasi Keselamatan Pelajar

Memperingati bulan K3 Nasional

Balikpapan, IDN Times - PT Pertamina Kilang Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar edukasi safety riding dan demo penggunaan apar di lingkungan pelajar di Gedung Banua Patra, Selasa (14/2/2023). Ini sebagai upaya pembekalan kepada pelajar dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya. 

"Kegiatan sosialisasi ini harapannya bisa menambah wawasan adik-adik terkait pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja sejak dini," kata Area Manager Comm, Rel & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin dalam keterangan tertulis, Selasa (14/2/2023). 

1. Momen peringatan Bulan K3 Nasional

Kilang Pertamina Balikpapan Mengedukasi Keselamatan PelajarPT Pertamina Kilang Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar edukasi safety riding dan demo penggunaan apar di lingkungan pelajar setempat, Selasa (14/2/2023). Foto Pertamina

Dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan mengadakan kegiatan Edukasi Safety Riding dan Demo Penggunaan APAR untuk Pelajar SMA dan SMK Sederajat Kota Balikpapan yang digelar di Banua Patra. Sebanyak 10 SMA/SMK se-Kota Balikpapan diundang untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Chandra mengatakan, tanpa adanya kesadaran akan keamanan, tentunya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Maka dari itu kegiatan edukasi safety riding dan demo apar ini bisa semakin memperlengkapi adik-adik dalam mencapai cita-citanya.

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan prinsip yang harus dijalankan bagi setiap orang. Hal ini merupakan suatu proses awal dalam mencegah terjadinya musibah yang tidak diinginkan.

Maka dari itu peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional merupakan momen penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja.

Baca Juga: Kepedulian Millennials dan Gen Z di Balikpapan dalam Green Living

2. Pentingnya keselamatan agar dipahami sejak dini pada pelajar

Kilang Pertamina Balikpapan Mengedukasi Keselamatan PelajarPT Pertamina Kilang Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar edukasi safety riding dan demo penggunaan apar di lingkungan pelajar setempat, Selasa (14/2/2023). Foto Pertamina

Dalam sambutannya, Perwakilan Panitia Bulan K3 Oka Adhitya menyampaikan perhatian PT KPI Unit Balikpapan kepada para pelajar.

"Peringatan Bulan K3 Nasional merupakan ajang bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk ikut serta dalam mensosialisasikan keselamatan dan kesehatan kerja di masyarakat. Hal ini merupakan tanggung jawab dari perusahaan dalam menjamin keamanan masyarakat yang bekerja. Tak hanya itu, kegiatan edukasi ini memberikan perhatian dini pada adik-adik pelajar untuk belajar memperhatikan keselamatan dan kesehatan sehari-harinya," kata Oka.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk upaya PT KPI Unit Balikpapan dalam memberikan perhatian kepada masyarakat di ring 1, khususnya bagi para pelajar. Edukasi safety riding sangat penting bagi siswa dan siswi yang sehari-harinya mengendarai sepeda motor terutama saat melintasi wilayah PT KPI Unit Balikpapan. Melalui Edukasi ini, siswa dan siswi diharapkan dapat lebih memperhatikan sistem lalu-lintas dan cara mengendarai sepeda motor yang benar untuk menjaga keselamatan diri.

Selain edukasi safety riding, para pelajar juga mendapatkan edukasi penggunaan APAR agar terlatih memberikan pencegahan dini ketika bencana kebakaran terjadi. PT KPI Unit Balikpapan konsisten untuk berpartisipasi dalam memberikan edukasi ke masyarakat terkait pencegahan kebakaran. Edukasi yang dilakukan kali ini yaitu terkait penggunaan APAR bagi pelajar SMA dan SMK.

3. Apresiasi dari masing-masing sekolah di Balikpapan

Kilang Pertamina Balikpapan Mengedukasi Keselamatan PelajarPT Pertamina Kilang Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar edukasi safety riding dan demo penggunaan apar di lingkungan pelajar setempat, Selasa (14/2/2023). Foto Pertamina

Kegiatan Edukasi Safety Riding dan Demo Apar juga mendapatkan antusias tersendiri dari Guru sekolah yang hadir mendampingi siswa dan siswi SMA dan SMK. Di antaranya perwakilan dari SMKN 2 Balikpapan Galin Fatmawati.

“Kesempatan ini merupakan suatu hal yang sangat berharga bagi anak didik kami khususnya dalam mencegah terjadinya kecelakaan di jalan dan kebakaran" katanya. 

Galin juga menyampaikan terima kasih atas undangan dari PT KPI Unit Balikpapan,

Senada dengan Galin, guru pendamping SMAN 5 Maya Safitri juga menyampaikan apresiasinya untuk kegiatan ini. “Saya jujur, apresiasi sekali dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Pertamina,” ucapnya.

Maya juga menambahkan, bahwa ilmu yang diberikan melalui praktik sangat bisa diterima oleh siswa-siswi mereka, “Sejauh ini para siswa enjoy, dan sangat menerima ilmu yang tidak didapat di sekolah. Terlebih lagi ada kegiatan praktik sehingga anak-anak bisa langsung melaksanakannya,” katanya.

Baca Juga: Polwan Polda Kaltim Ikut Patroli di Bandara Sepinggan Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya