Kodam Mulawarman Mendukung Program Rumah Layak Huni di Kaltim

Program prioritas pembangunan nasional

Samarinda, IDN Times - Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo menegaskan dirinya beserta seluruh jajaran mendukung penuh Program Rumah Layak Huni (RLH) di Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim).

Menurut dia, pembangunan RLH yang diprogramkan Gubernur Isran Noor bagian program prioritas pemerintah secara nasional.

"Sejak tahun 2015, pemerintah pusat telah memprogramkan satu juta rumah bagi rakyat Indonesia," kata Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo saat peletakan batu pertama Pembangunan RLH di Kelurahan Lamaru Kecamatan Balikpapan Timur, Balikpapan dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Senin (25/7/2022).

1. Sesuai dengan program digulirkan pemerintah

Sehingga program RLH yang digadang Gubernur Isran Noor, lanjut Tri Budi, sangat bersesuaian dengan program nasional untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Implementasi program RLH ujarnya, menunjukkan perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap kondisi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya (rumah/tempat hunian).

Baca Juga: Pemprov Kaltim dan Kodam Mulawarman akan Bangun 508 Unit RLH 

2. Kerja sama antara Kodam Mulawarman dan Pemprov Kaltim

Kodam Mulawarman Mendukung Program Rumah Layak Huni di KaltimWali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud saat peletakan batu pertama pembangunan rumah layak huni di Lamaru, Balikpapan Timur (25/7/2022). (Istimewa)

Groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan RLH, lanjut Tri Budi, merupakan langkah awal perwujudan inisiasi Pemerintah Provinsi Kaltim kerja sama Kodam VI Mulawarman didukung pihak swasta (perusahaan) di Kaltim.

"Groundbreaking hari ini mengawali pembangunan 50 unit dari 500 RLH di wilayah Kaltim dengan dana terkumpul sementara Rp5,75 miliar," sebutnya.

Pembangunan 50 unit RLH di Balikpapan melibatkan Satuan Zeni Bangunan Kodam, sedangkan 450 unit lainnya tersebar di kabupaten dan kota akan dilakukan Korem dan Kodim setempat.

3. Peletakan baru pertama pembangunan rumah layak huni

Kodam Mulawarman Mendukung Program Rumah Layak Huni di KaltimBlogspot

Dalam kesempatan ini, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo bersama Gubernur Isran Noor dan Wali Kota Balikpapan Rahmat Mas'ud berkesempatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan RLH di Kelurahan Lamaru Kecamatan Balikpapan Timur. 

"Semoga program ini mewujudkan masyarakat Kaltim memiliki rumah yang layak, sehat dan nyaman sehingga terhindar dari berbagai masalah sosial dan kesehatan," harap Tri Budi. 

Baca Juga: Tujuh Rumah di Sepinggan Balikpapan Ludes Terbakar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya