Komoditas Cabai dalam Pengendalian Tingkat Inflasi di Tarakan

Panen cabai di perkebunan Kunak Tarakan

Tarakan, IDN Times - Dalam rangka stabilitas harga dan pasokan makanan, Wali Kota Tarakan di Kalimantan Utara (Kaltara) Khairul melakukan panen cabai rawit di kawasan perkebunan Kunak, Tarakan, Rabu (11/1/2023).

"Panen cabai ini merupakan salah satu upaya Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Tarakan dalam mengendalikan harga komoditas pangan yang menjadi penyumbang kenaikan inflasi salah satunya yaitu cabai rawit," kata Khairul diberitakan Antara. 

1. Kerja sama Perumda dengan Yonif Raider 613

Komoditas Cabai dalam Pengendalian Tingkat Inflasi di Tarakanilustrasi komoditas cabai di pasar tradisional. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Melalui kerja sama Perumda Agrobisnis Mandiri dengan Yonif Raider 613/Raja Alam Kota Tarakan, di atas lahan pemerintah kota seluas satu hektare telah ditanami dan siap panen sebanyak 1.500 pohon cabai rawit.

Baca Juga: Motif Pembunuhan Sadis Sepupu di Tarakan, demi Uang Rp200 Juta

2. Kebutuhan cabai bisa dipenuhi pekebun lokal

Komoditas Cabai dalam Pengendalian Tingkat Inflasi di TarakanIlustrasi cabai merah dan cabai hijau (IDN Times/Saifullah)

Produksi cabai rawit Tarakan yang semakin dapat dipenuhi oleh produksi lokal, maka akan memberikan dampak ke harga pasar yang berkeadilan dengan ekosistem yang sehat dan memberikan manfaat kesejahteraan bagi para petani, pedagang dan konsumen.

3. Pengendalian inflasi di Tarakan berjalan positif

Komoditas Cabai dalam Pengendalian Tingkat Inflasi di TarakanIlustrasi Inflasi. IDN Times/Arief Rahmat

Wali Kota juga mengungkapkan pengendalian inflasi di Kota Tarakan sejauh ini terus menunjukkan hasil yang berarti, tercatat inflasi Tarakan sebesar 3,93 persen secara year on year.

Baca Juga: Ada Penganiayaan saat Diksar Mapala, 14 Mahasiswa di Tarakan Ditangkap

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya