Kompetisi Welcome Drink di Samarinda, UMKM Ciptakan Minuman Khas Lokal

Kreasi sirup rosella, tuak jahe dayak dan lainnya

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar kompetisi Welcome Drink pada Sabtu, diikuti oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di bidang kuliner. Ini merupakan upaya untuk meningkatkan kreativitas dan pemberdayaan UMKM di kota tersebut, khususnya dalam menciptakan minuman khas.

"Kegiatan ini mendorong kreativitas UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian di Kota Samarinda, baik di tingkat regional maupun global," ujar Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Samarinda Sam Syaimun dilaporkan Antara di Samarinda, Sabtu (17/2/2024).

1. Pengembangan kompetensi UMKM Samarinda

Kompetisi Welcome Drink di Samarinda, UMKM Ciptakan Minuman Khas LokalUMKM di Kalbar memamerkan hasil karyanya. (IDN Times/Teri).

Kompetisi yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Samarinda bertujuan untuk mengembangkan kompetensi UMKM serta menggali potensi inovasi dalam menghadapi persaingan industri kreatif.

"Pemerintah telah menyadari potensi yang dimiliki oleh UMKM di kota Samarinda," tambah Sam Syaimun.

Dia menyatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha kecil agar dapat naik kelas menjadi usaha menengah, dengan memberikan berbagai fasilitas dan bantuan.

"Meskipun memiliki keunggulan, ada beberapa masalah dan tantangan yang perlu diatasi," katanya.

Sam Syaimun menyoroti pentingnya peran UMKM dalam meningkatkan ekonomi daerah. Dia menggarisbawahi beberapa masalah utama yang menjadi fokus pemerintah, termasuk kualitas produk, kelancaran produksi, akses pemasaran, pengemasan, serta kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam aspek manajemen, keuangan, dan perizinan.

Baca Juga: TPS Bernuansa Cinta di Samarinda Kolaborasi Pemilu dengan Valentin

2. Pengembangan UMKM dan industri perhotelan di Samarinda

Kompetisi Welcome Drink di Samarinda, UMKM Ciptakan Minuman Khas LokalIlustrasi UMKM go digital (dok. Grab)

Pemerintah kota saat ini sedang aktif dalam melaksanakan kegiatan pembangunan, terutama dalam program pengembangan UMKM dan industri perhotelan, restoran, serta pariwisata di Kota Samarinda.

"Beberapa proyek pembangunan yang sedang berlangsung antara lain penataan kawasan Sungai Mahakam melalui pembangunan Teras Mahakam," jelasnya.

Selanjutnya, ada kegiatan revitalisasi Citra Niaga Samarinda menjadi kawasan perniagaan, serta pengembangan kawasan depan pelabuhan menjadi Little Chinatown di Kota Samarinda.

Harapannya, dengan pembangunan ini, Kota Samarinda dapat menjadi lebih indah, nyaman, dan menarik bagi penduduk lokal maupun wisatawan, serta dapat meningkatkan perekonomian kota.

3. Momen upacara kemerdekaan RI di IKN

Kompetisi Welcome Drink di Samarinda, UMKM Ciptakan Minuman Khas LokalLokasi pembangunan Bandara Nusantara di IKN (dok. BKIP Kemenhub)

Targetnya, pada momen upacara kemerdekaan RI di IKN, ada produk-produk inovatif dari UMKM Samarinda yang bisa ditampilkan kepada tamu-tamu yang datang.

Sam Syaimun mengajak pelaku UMKM di Kota Samarinda yang berpartisipasi dalam kompetisi Welcome Drink untuk memanfaatkan bahan-bahan lokal yang khas dan berkualitas.

"Saya berharap, produk-produk yang dihasilkan dapat menjadi ciri khas dan kebanggaan Kota Samarinda," pungkasnya.

Sebanyak 30 pelaku UMKM mengikuti kompetisi Welcome Drink di Samarinda. Mereka meracik minuman menggunakan bahan-bahan dari tumbuhan lokal, termasuk sirup rosella, tuak jahe dayak, bajakah florarian, dan beberapa minuman khas lainnya.

Baca Juga: Petugas KPPS di TPS Samarinda Alami Kelelahan Fisik setelah Pemungutan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya