Komunitas Caleg Muda di Samarinda Berkumpul dan Berdiskusi Politik

Acara "Tumbuk Caleg" digelar komunitas pemuda

Samarinda, IDN Times - Sejumlah caleg muda dari berbagai partai politik berkumpul di sebuah kafe di Jalan Juanda, Samarinda, pada hari Jumat (9/2/2024) untuk berbagi gagasan dan berdiskusi politik dalam acara "Tumbuk Caleg" yang diselenggarakan oleh beberapa komunitas pemuda.

"Dengan acara ini, kami ingin menggali gagasan dan melibatkan pemuda dalam diskusi politik yang lebih santai dan nyaman, tanpa mengikuti format dialog atau talk show yang biasanya diselenggarakan oleh media massa," ungkap Ketua Panitia dari SMR Kreator Safran Achmad diberitakan Antara.

1. Informasi tentang Kota Samarinda

Komunitas Caleg Muda di Samarinda Berkumpul dan Berdiskusi PolitikSungai Mahakam di Kota Samarinda Kalimantan Timur. (IDN Times/Amir Faisol)

Ia menyatakan bahwa acara ini juga bertujuan untuk memberikan informasi tentang kota Samarinda, yang terkadang terlupakan di tengah banyaknya informasi tentang Pilpres RI.

"Kota adalah bagian yang sangat dekat dengan kita, dan kami ingin memperkenalkan, mencari gagasan, serta memahami perjuangan setiap kota," jelas Safran.

Pihaknya juga ingin menguji gagasan dan melihat pemikiran para wakil dari berbagai partai, meskipun pendekatan mereka ke partai-partai belum mendapat tanggapan yang memadai.

Baca Juga: Polresta Samarinda Cek Kesiapan Gudang Logistik KPUD

2. Komunikasi dengan berbagai partai lewat pesan media sosial

Komunitas Caleg Muda di Samarinda Berkumpul dan Berdiskusi PolitikMassa aksi melipat APK Caleg yang telah di lepas (IDN Times/Ruhaili)

Ia melanjutkan bahwa pihaknya sudah berusaha berkomunikasi dengan berbagai partai melalui pesan di media sosial, meskipun beberapa belum memberikan tanggapan.

Ia berharap acara ini dapat membuka ruang diskusi politik yang lebih mudah diikuti oleh pemuda dan berharap dapat dilanjutkan dengan kegiatan positif lainnya.

Hanna Pertiwi, Ketua Komunitas Indonesia Youth Diplomacy Kaltim, salah satu komunitas yang terlibat dalam penyelenggaraan acara, menjelaskan bahwa konsep "tumbuk" dipilih untuk menciptakan suasana santai dan nyaman, serta menarik minat pemuda Kaltim, khususnya di Samarinda.

3. Acara ini mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan

Komunitas Caleg Muda di Samarinda Berkumpul dan Berdiskusi PolitikIlustrasi aplikasi Warga Jaga Suara /IDN Times Dini Suciatiningrum

Acara ini mendapat dukungan dari berbagai kalangan, termasuk komunitas dan pembicara terkenal seperti Safran Achmad yang merupakan sumber kreativitas dan berbagi pengalaman.

"Kami ingin menciptakan sesuatu yang benar-benar independen dan menarik minat pemuda. Diskusi politik tidak selalu harus serius dan sulit diikuti, terutama bagi generasi muda," tutur Hanna.

Acara "Tumbuk Caleg" ini merupakan hasil kolaborasi dari beberapa komunitas pemuda di Samarinda, antara lain Sekolah Life Skill, Indonesian Youth Diplomacy Kaltim, My Speaker, Samarinda Creator, X Camp, Gerak Selaras, Wadah Bekesah Samarinda, Duta Damai Kaltim, dan Organisasi Pelajar Islam Indonesia.

Baca Juga: Rocky Gerung Dorong Pemuda Samarinda untuk Kritis Pilih Presiden

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya