Konsep Pembangunan RTRW di Kukar yang Sejalan dengan IKN

Kawasan yang berada di sekitar wilayah IKN

Tenggarong, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), telah mengambil beberapa langkah untuk mendukung Ibu Kota Nusantara (IKN), termasuk penyusunan konsep pola ruang wilayah terkait dengan Rencana Detail Tata Ruang IKN.

"Saat ini, Pemkab Kukar telah merancang konsep yang berkaitan dengan kemitraan IKN, meskipun masih menunggu Rencana Detail Tata Ruang IKN," ungkap Sunggono, Sekretaris Kabupaten Kukar diberitakan di Tenggarong, Jumat (8/3/2024).

1. RTRW di Kukar mengacu pada kebijakan pembangunan IKN

Konsep Pembangunan RTRW di Kukar yang Sejalan dengan IKNMenteri ATR dan BPN, Agus Yudhoyono ketika pertama kali berkunjung ke IKN, Kalimantan Timur. (www.instagram.com/@agusyudhoyono)

Sunggono menjelaskan bahwa dalam revisi Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW), proses penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Wilayah Ibu Kota Kecamatan (RDTR-IKK) mengacu pada kebijakan pembangunan IKN.

Selanjutnya, pembangunan infrastruktur yang berhubungan dengan interkoneksi wilayah yang terhubung dengan IKN, seperti pembangunan jalan menuju IKN, termasuk rencana peningkatan jalan tembus dari Tenggarong ke Sepaku melalui Desa Jonggon, bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas.

Peningkatan cakupan layanan air bersih dan energi listrik juga dilakukan sebagai pendukung pembangunan pusat pertumbuhan ekonomi baru antara Tenggarong dan Sepaku.

Baca Juga: Panen Raya di Kukar, Kontribusi  untuk Ketahanan Pangan Nasional

2. Peningkatan kerja sama dengan daerah lain

Konsep Pembangunan RTRW di Kukar yang Sejalan dengan IKNBupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah (IDN Times/Ervan)

Kebijakan lainnya mencakup kerja sama antardaerah, termasuk penyusunan perencanaan bersama dengan Kabupaten Kutai Barat dan Kutai Timur, mengingat beberapa aspek kebijakan melibatkan lintas kabupaten yang merupakan kewenangan provinsi.

"Dalam penggunaan lahan untuk distribusi pemukiman, kami memperhatikan potensi kepadatan penduduk, zonasi area, dan variasi pola desa-kota untuk mengantisipasi perpindahan penduduk," tambahnya.

Pihaknya juga aktif berkolaborasi dengan daerah lain untuk mewujudkan pusat ketahanan pangan, mengingat Kukar saat ini merupakan lumbung pangan di Provinsi Kaltim.

3. Konsen pembangunan Kukar pada pertanian

Konsep Pembangunan RTRW di Kukar yang Sejalan dengan IKNIlustrasi lahan pertanian. (pexels.com/Quang Nguyen Vinh)

Pemkab Kukar bertujuan meningkatkan produktivitas, memperluas kawasan pertanian, dan mengintegrasikan budidaya perikanan, dengan skema kolaboratif antara pemerintah dan dunia usaha. 

Pengembangan sumber daya manusia (SDM) juga menjadi fokus, dengan perencanaan pembangunan pusat-pusat pelatihan tenaga kerja sesuai dengan potensi lapangan kerja dan peluang usaha, guna meningkatkan daya saing tenaga kerja lokal.

"Wilayah sekitar IKN adalah daerah mitra, oleh karena itu, proses pembangunan di IKN harus diiringi dengan pembangunan wilayah penyangga dan sekitarnya," tutur Sunggono.

Baca Juga: Pemkab Kukar Anggarkan Rp12,14 Miliar untuk Pilkada 2024     

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya