Comscore Tracker

Korban Tenggelam di Sungai Mahakam Ditemukan 6 Km dari Lokasi Bencana 

Total ada dua korban tewas dalam kecelakaan sungai

Balikpapan, IDN Times - Tim Basarnas Kalimantan Timur (Kaltim) akhirnya berhasil menemukan korban tenggelam bernama Ihsan (55) dalam peristiwa terbaliknya perahu ketinting di Sungai Mahakam Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (20/11/2021). 

Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia tiga hari setelah dilaporkan hilang, Selasa (23/11/2021) pukul 05.00 Wita dini hari ini. Sehari sebelumnya, personel SAR pun menemukan korban pertama bencana ini bernama Soleman (3)  di sekitar lokasi kejadian. 

"Selanjutnya jasad akan dibersihkan sebelum dibawa ke rumah duka di Desa Liang Buaya, Muara Kamam," kata Kepala Kantor Pencarian Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta.

1. Korban terbawa jauh arus Sungai Mahakam

Korban Tenggelam di Sungai Mahakam Ditemukan 6 Km dari Lokasi Bencana Penemuan korban pertama dalam kecelakaan di Sungai Mahakam Kutai Kartanegara Kaltim, Senin (22/11/2021). Foto istimewa

Melkianus mengatakan, jasad Ihsan terbawa derasnya arus Sungai Mahakam menuju area hilir. Lokasi penemuan mayat berjarak 6,8 kilometer dari titik last known position atau lokasi tempat terjadi bencana tenggelamnya perahu korban.

berbeda halnya dengan lokasi penemuan korban pertama atas nama Soleman. Bocah malang ini ditemukan di sekitar lokasi bencana, yakni 500 meter menuju arah hilir. 

Para korban sudah seluruhnya diserahkan pada keluarga korban yang berdomisili di Kukar. 

Penemuan korban terakhir ini menandai berakhirnya operasi SAR korban tenggelam di Sungai Mahakam. 

“Dengan ditemukannya korban terakhir operasi SAR resmi kita tutup,” pungkasnya.

Baca Juga: Satu Keluarga Tenggelam di Sungai Mahakam saat Hadiri Hajatan

2. Kronologis peristiwa bencana

Korban Tenggelam di Sungai Mahakam Ditemukan 6 Km dari Lokasi Bencana Penemuan jasad korban atas nama Soleman di Sungai Mahakam Kutai Kartanegara Kaltim, Senin (22/11/2021). Foto istimewa

Catatan media ini, satu keluarga  warga Desa Liang Buaya RT 001 Kecamatan Muara Kaman Kukar menjadi korban kecelakaan di Sungai Mahakam. Perahu ketinting mereka terbalik ketika melintasi Sungai Mahakam guna menghadiri hajatan keluarga di daerah Danau Murung Kelurahan Melayu Tenggarong Kukar. 

Keluarga ini terdiri pasangan suami istri, Ihsan (55) dan Idah (43) bersama dua anaknya Anisa (7) dan Soleman (3). 

Keluarga ini pun bersama-sama akhirnya menyeberangi Sungai Mahakam tepatnya di Kecamatan Tenggarong Kukar. Mereka menaiki sejenis kapal ketinting dengan ukuran lebar 1 meter dan panjang 4 meter yang mampu mengangkut empat orang penumpang plus pengemudi. 

Sedangkan Sungai Mahakam sendiri merupakan sungai terpanjang di Kaltim memiliki lebar hingga 500 meter hingga menjadi perlintasan kapal-kapal besar. 

3. Kapal terbalik tergulung ombak

Korban Tenggelam di Sungai Mahakam Ditemukan 6 Km dari Lokasi Bencana Ilustrasi tenggelam. (Shutterstok)

Dalam perjalanan malam hari ini, peristiwa nahas terjadi ketika gelombang besar menenggelamkan kapal ketinting berukuran kecil. Gelombang besar ditimbulkan dari pergerakan speedboat yang ramai melintasi Sungai Mahakam di setiap harinya. 

Perahu ketinting akhirnya kehilangan kendali dan tenggelam. Seluruh penumpang di dalam perahu ketinting akhirnya berhamburan masuk ke dalam Sungai Mahakam. 

Akibat bencana, Ihsan dan Soleman saat itu dilaporkan hilang hingga masih dalam pencarian. Sedangkan dua lainnya, Idah dan Anisa berhasil menyelamatkan diri.

Baca Juga: Korban Tenggelam di Sungai Mahakam Ditemukan Meninggal Dunia

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya