KPI Unit Balikpapan Berhasil Atasi Kebakaran di Kilang

Tim Pertamina fokus upaya pendinginan kilang

Balikpapan, IDN Times - Tim pemadam telah berhasil menangani kejadian di CDU IV Kilang Pertamina Balikpapan, Sabtu (25/5/2024) pukul 07.30 Wita. Saat ini, tim fokus pada upaya pendinginan area kejadian untuk mencegah api kembali muncul.

Tim pemadam Kilang Balikpapan didukung oleh delapan unit mobil pemadam yang diturunkan dalam kejadian tersebut. Pemadam statis (fire ground) yang berada di sekitar lokasi juga diaktifkan untuk membantu pemadaman dan melokalisasi sumber panas.

Saat ini, tim terus memastikan tidak ada sumber panas sehingga area kejadian aman. "Tim pemadam telah berhasil menguasai kondisi dan saat ini tengah dilakukan upaya pendinginan," ungkap Bayu Arafat, General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan dalam keterangan tertulisnya. 

1. Lokasi kejadian berada di area kilang

KPI Unit Balikpapan Berhasil Atasi Kebakaran di KilangGeneral Manajer PT KPI Unit Balikpapan Arafat Bayu Nugroho, Rabu (25/10/2023). (IDN Times/Sri.Wibisono)

Lokasi kejadian berada di dalam area kilang sehingga tidak berdampak langsung kepada masyarakat. Namun, kami juga terus memastikan bahwa kejadian ini tidak memberikan dampak pada masyarakat sekitar kilang.

"Selain itu, monitoring produksi BBM juga kami lakukan untuk memastikan suplai ke masyarakat tidak terganggu," ungkap Bayu. Bayu juga memastikan bahwa tidak ada korban atas kejadian ini.

Bayu mengucapkan terima kasih pada seluruh pihak turut berkontribusi dalam proses penanganan kebakaran di kilang Pertamina Balikpapan ini. "Sekali lagi, terima kasih kepada seluruh stakeholder atas doa dan dukungan yang diberikan, sehingga kejadian ini dapat segera ditangani dengan maksimal," pungkas Bayu.

Baca Juga: 254 Sekolah di Balikpapan Pakai Platform Digital dalam Belajar

2. Terjadinya kebakaran di kilang Pertamina Balikpapan

KPI Unit Balikpapan Berhasil Atasi Kebakaran di KilangMusibah kebakaran terjadi di area Kilang Pertamina Balikpapan di Kalimantan Timur (Kaltim) pada Sabtu 25 April 2024 sekitar pukul 04.25 Wita.  Foto istimewa

Lokasi kejadian berada di dalam area kilang sehingga tidak berdampak langsung kepada masyarakat. Namun, kami juga terus memastikan bahwa kejadian ini tidak memberikan dampak pada masyarakat sekitar kilang. "Selain itu, monitoring produksi BBM juga kami lakukan untuk memastikan suplai ke masyarakat tidak terganggu," ungkap Bayu. Bayu juga memastikan bahwa tidak ada korban atas kejadian ini.

"Sekali lagi, terima kasih kepada seluruh stakeholder atas doa dan dukungan yang diberikan, sehingga kejadian ini dapat segera ditangani dengan maksimal," pungkas Bayu.

3. Kebakaran memperoleh perhatian dari publik

KPI Unit Balikpapan Berhasil Atasi Kebakaran di KilangPT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menggelar simulasi keadaan darurat skala besar, Rabu (25/10/2023). Foto Pertamina

Kejadian ini bisa disaksikan warga dari area kawasan yang cukup tinggi, di antaranya Gunung Polisi dan Jalan Arjuna, Balikpapan Barat. Atas kejadian kebakaran tersebut, pihak Pertamina sempat menutup Jalan Yos Sudarso atau Jalan Minyak di Balikpapan untuk kepentingan penanganan musibah kebakaran.

Dari informasi terkini, api mulai dapat dikuasai sekitar pukul 07.35 Wita di mana kobarannya dapat dikendalikan dan saat ini masih dalam proses pendinginan. Pihak Pertamina  masih fokus pada penanganan kebakaran kilang Balikpapan.

Baca Juga: Kilang Pertamina di Balikpapan Terbakar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya