Lapas Tarakan Kerja Sama dengan Aparat dalam Pengamanan Pemilu

Proses pencoblosan suara

Tarakan, IDN Times - TNI dan Polri akan meningkatkan pengamanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tarakan selama pelaksanaan Pemilu.

"Kami telah melakukan serangkaian koordinasi dengan jajaran APH (Aparat Penegak Hukum) terkait persiapan teknis Pemilu di Lapas," kata Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Tarakan Sutarno dilaporkan Antara di Tarakan, Senin (12/2/2024).

1. Persiapan penyelenggaran pemilu di TPS

Lapas Tarakan Kerja Sama dengan Aparat dalam Pengamanan PemiluLogistik pemilu tiba di kawasan pemukiman Baduy (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Lapas Tarakan sedang bekerja keras untuk mempersiapkan segala sesuatu terkait penyelenggaraan Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus di Lapas.

Mulai dari pendataan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilakukan secara mandiri bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tarakan hingga sinergi dalam bantuan pengamanan APH dan Dinas terkait.

Baca Juga: Polres Tarakan Sukses Selamatkan Rp558 Juta dari Kasus Korupsi

2. Koordinasi Lapas Tarakan dengan pimpinan Polri dan TNI

Lapas Tarakan Kerja Sama dengan Aparat dalam Pengamanan PemiluPersonel gabungan dari unsur Brimob, reserse, TNI, Linmas mengikuti apel pergeseran pasukan gabungan di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kepala Lapas Kelas IIA Tarakan, Sutarno, telah bertemu dengan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Tarakan AKBP Ronaldo Maradona TPP Siregar, dan Komandan Kodim (Dandim) 0907/Tarakan Letnan Kolonel (Letkol) Kav Jhon Budiman Cristian Simarmata, beserta jajaran dalam rangka sinergi dan koordinasi persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

3. Persiapan teknis pengamanan Lapas Tarakan

Lapas Tarakan Kerja Sama dengan Aparat dalam Pengamanan PemiluPekerja memindahkan logistik Pemilu 2024 ke atas kapal untuk didistribusikan ke sejumlah pulau di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (11/2/2024). KPU Kota Makassar mulai mendistribusikan logistik Pemilu 2024 untuk 41 TPS yang tersebar di sejumlah pulau di Kecamatan Sangkarrang, Makassar dengan jumlah DPT sebanyak 10.261 orang. (ANTARA FOTO/Arnas Padda/nzPekerja memin. ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Dalam kesempatan ini, TNI dan Polri menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memastikan persiapan teknis Lapas Kelas IIA Tarakan, termasuk kesiapan pengamanan, lokasi, dan alur TPS khusus bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), serta mitigasi pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib).

Selain itu, sinergi antar Aparat Penegak Hukum (APH) terkait diharapkan dapat menjadi sarana pertukaran informasi terkait penyelenggaraan Pemilu yang Jujur dan Adil (Jurdil).

Baca Juga: Brimob Kaltara Sterilkan Gereja selama Perayaan Natal di Tarakan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya