Liga 2 Dihentikan PSSI, Persiba Balikpapan Memohon agar Ditinjau Ulang

Penghentian Liga 2 dan 3 berdampak pada pemain

Balikpapan, IDN Times - Presiden Persiba Balikpapan I Gede Widiade memohon agar PSSI meninjau ulang keputusannya menghentikan kompetisi Liga 2 dan 3 menyusul tragedi Kanjuruhan Malang pada 1 Oktober 2022 lalu. Terutama kompetisi Liga 2 di mana menjadi ajang Persiba yang menduduki peringkat dua klasemen sementara wilayah Indonesia timur. 

Pertandingan sepakbola Liga 2 dan 3 dihentikan permanen setelah 3 bulan brake sementara menyusul Tragedi Kanjuruhan, Malang, 1 Oktober 2022 lampau.

“Kami siap dan antusias untuk melanjutkan kompetisi, dengan format apa pun,” kata Gede diberitakan Antara, Jumat (13/1/2023).

1. Persiba Balikpapan menjalani latihan sejak Desember 2022

Liga 2 Dihentikan PSSI, Persiba Balikpapan Memohon agar Ditinjau UlangPersiba Balikpapan di Stadion Batakan Balikpapan (IDN Times/Mela Hapsari)

Persiba Balikpapan sendiri sudah berkumpul kembali sejak 8 Desember 2022 lalu. Meski tidak ada jadwal pertandingan resmi, manajemen mengumpulkan pemain untuk persiapan sewaktu-waktu kompetisi Liga 2 dimulai kembali.

Apalagi, pada 5 Desember 2022, Liga 1 sudah dimulai kembali walaupun seluruh pertandingan dilangsungkan di Jawa sehingga beberapa tim menjadi tim musafir, pertandingan berlangsung tanpa penonton, dan di bawah pengawasan ketat kepolisian.

Baca Juga: Sebaran Dokter Spesialis di Kaltim Tak Merata, Terbanyak di Balikpapan

2. Persiba Balikpapan sudah bersiap menyambut Liga 2

Liga 2 Dihentikan PSSI, Persiba Balikpapan Memohon agar Ditinjau UlangGol pemain Persiba Balikpapan Indra Setiawan ke gawang Sulut United. Foto Vidio

Program Persiba pada awal Desember tersebut adalah pemusatan latihan di Jakarta. Pelatih Ilham Romadhona kembali menggembleng fisik pemain agar kembali fit setelah libur 2 bulan. Persiba juga menjalani beberapa pertandingan uji coba dengan klub-klub setempat.

“Jadi kami siap dan sangat bersemangat melanjutkan kompetisi,” kata Gede sekali lagi.

Persiba berada di urutan kedua Wilayah Timur di klasemen sementara, di bawah Persipura Jayapura. Persipura sendiri ditaklukkan Beruang Madu saat bertandang ke Stadion Batakan.

3. Kompetisi Liga 1 dan 3 dihentikan

Liga 2 Dihentikan PSSI, Persiba Balikpapan Memohon agar Ditinjau UlangPertandingan PSIS Semarang melawan Persebaya Surabaya di pekan ke-22 putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali, Rabu (3/2/2022). (dok. PSIS Semarang)

Kompetisi sepakbola nasional Liga 1, Liga 2, dan juga Liga 3 sempat dihentikan sementara untuk evaluasi dan perbaikan setelah kejadian yang menewaskan ratusan penonton di Stadion Kanjuruhan justru setelah pertandingan partai derby Jawa Timur, Arema Malang vs Persebaya Surabaya selesai.

Respons penolakan kompetisi Liga 2 dihentikan ini juga memicu protes penggemar sepakbola tanah air. Muncul sebuah petisi di laman change.org yang meminta kompetisi kembali dilanjutkan.

“Apalagi yang menyebabkan seluruh kompetisi dihentikan bukan pertandingan di Liga 2,” kata pengantar petisi tersebut.

Baca Juga: Polresta Samarinda Tangkap Dua Sopir Truk Kecelakaan Maut

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya