Lima Daerah di Kaltim Berstatus Hijau Pandemik COVID-19

Nol kasus terkonfirmasi kasus COVID-19

Balikpapan, IDN Times - Untuk pertama kalinya, sejak wabah virus corona merebak di awal tahun lalu dan pelandaian kasus di September tahun ini, hari Minggu per 12 Desember 2021, terkonfirmasi positif COVID-19 nol kasus. Itu adalah kasus pandemik terjadi di Kalimantan Timur (Kaltim).

"Kita bersyukur kasus terus melandai, bahkan menurun. Dan hari ini kasus positif COVID-19 untuk pertama.kalinya nihil atau nol kasus," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Ahad (12/12/2021).

1. kasus melandai terjadi di Kaltim

Lima Daerah di Kaltim Berstatus Hijau Pandemik COVID-19Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di lokasi DOME Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Kejadian nol kasus terkonfirmasi positif warga Benua Etam, menurut Andi Ishak, berbanding lurus dengan pasien sembuh dan selesai isolasi yang terjadi setiap hari.

Di mana, jumlah pasien sembuh dan selesai isolasi cukup banyak ada 6 kasus, sedangkan meninggal dunia nol kasus.

"Juga, pasien dirawat terus berkurang setiap harinya. Hari ini tercatat tersisa 27 kasus aktif dirawat, sebab berkurang 6 kasus," sebutnya.

Baca Juga: Pelanggaran HAM dalam Kasus Lubang Tambang di Kaltim

2. Lima daerah di Kaltim berstatus hijau

Lima Daerah di Kaltim Berstatus Hijau Pandemik COVID-19Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di lokasi DOME Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim ini pun menjelaskan perubahan cukup dinamis pada penularan dan penyebaran virus corona menyebabkan perubahan status zona.

"Hari saja sudah ada lima daerah masuk zona hijau, sisanya masih status kuning. Namun, secara kumulatif berada level satu," ujarnya.

Lima kabupaten dan kota berstatus zona hijau, yakni Mahakam Ulu, Paser, Berau, Kutai Kartanegara, dan Penajam Paser Utara.

3. Mematuhi protokol kesehatan di masa pandemik

Lima Daerah di Kaltim Berstatus Hijau Pandemik COVID-19Vaksinasi virus COVID-19 di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Hilmansyah)

Karenanya, mantan Sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim ini kembali mengingatkan warga Kaltim, kondisi saat ini patut disyukuri, namun tetap waspada dan patuhi anjuran pemerintah.

"Tetap saja taat terapkan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari. Jangan lengah dan abai, sebab masih pandemik," pesannya.

Ditambahkannya, menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), masyarakat harus mampu mengendalikan segala bentuk kegiatan maupun mobilitas.

"Pemerintah mendukung aktivitas masyarakat menjelang Nataru, asalkan dilakukan secara terkendali. Jangan sampai berlebihan malah bisa memicu kenaikan, bahkan lonjakan kasus COVID-19," pungkasnya.

4. Update penanganan COVID-19 di Kaltim

Lima Daerah di Kaltim Berstatus Hijau Pandemik COVID-19Vaksinasi virus COVID-19 di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). (IDN Times/Hilmansyah)

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melaporkan agar seluruh daerah waspada penyebaran virus baru Omicron.  Dilaporkan, kasus terpapar virus COVID-19 tertinggi masih terjadi di Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogjakarta, dan Riau. 

Sedangkan kasus pasien di Provinsi Kaltim cenderung positif di mana tercatat sebanyak 27 kasus atau turun 59 persen dibanding enam hari lalu tercatat sebanyak 43 kasus.

Baca Juga: Mengenal Pahu, Badak Sumatra yang Ditemukan di Hutan Kaltim 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya