Mesum saat Belajar Daring, Pelajar SMAN Balikpapan Diamankan Polisi

Pelaku pelajar SMAN terpandang di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Polresta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) mengamankan pelajar SMAN terpandang setempat atas tersebarnya video mesum di aplikasi TikTok. Warganet memang sedang heboh menyusul tersebarnya video mesum sepasang remaja Balikpapan di grup WhatsApp sekolah pada Kamis 13 Agustus 2021 lalu. 

"Pada Kamis (13/8/2021) beredar sebuah video yang beredar di media sosial dari video tersebut kami melakukan maping, kemudian hasil maping penelusuran ternyata ada akun Instagram dan media TikTok yang diperankan oleh warga Balikpapan,” terang Kapolresta Balikpapan Kombes Pol V Thirdy Hadmiarso saat melakukan konferensi pres di Mapolresta Balikpapan, Jumat (20/8/2021).

1. Pelaku melakukan aksi mesum saat belajar daring

Mesum saat Belajar Daring, Pelajar SMAN Balikpapan Diamankan PolisiJumpa press video mesum pelajar di Polresta Balikpapan Kaltim, Jumat (20/8/2021). Foto istimewa

Dari hasil penyelidikan Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Satreskrim Polresta Balikpapan berhasil mengamankan remaja di bawah umur inisial A (16) diduga sebagai pelaku penyebaran video mesum ini. 

"Kemudian yang bersangkutan dilakukan pemeriksaan dan selanjutnya kita lakukan penyelidikan dan proses hukum lebih lanjut,” tegas Thirdy. 

Dalam pemeriksaan, ABG ini mengaku video mesum tersebut direkam saat melakukan proses belajar online digelar pihak sekolah. Pihak sekolah sendiri memanfaatkan sarana layanan Google Class Meeting dalam pelajaran sistem daring. 

"Jadi disebar di satu group teman satu sekolah, yang menyebarkan A (16) motif menyebarkan karena tidak sengaja, pada saat Google Class Meeting sekolah karena memang sekolah ini masih sistem virtual. Dia (pemeran video) menyalakan kamera lalu direkam oleh A katanya iseng,” bebernya.

Baca Juga: Demi Pemerataan, Balikpapan Bangun Rumah Sakit di Pemukiman Nelayan

2. Polisi memeriksa perekam video dan pelaku adegan mesum ini

Mesum saat Belajar Daring, Pelajar SMAN Balikpapan Diamankan PolisiIlustrasi belajar daring (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Thirdy mengatakan, pelaku video mesum dan pihak perekam adegan seluruhnya berstatus anak di bawah umur. Mereka memang teman satu kelas. 

“Pelaku kemudian merekam, yang bersangkutan di bawah umur oleh sebab itu kami lakukan upaya proses restoratif justice berkoordinasi dengan Bapas namun proses hukum tetap berjalan,” tegasnya.

Polisi masih memeriksa pelaku perekaman video serta sepasang remaja yang melakukan hubungan suami istri ini.

 “Ya kami lakukan pemeriksaan juga,” tegasnya. 

3. Polisi mengimbau masyarakat hati-hati dalam bermedia sosial

Mesum saat Belajar Daring, Pelajar SMAN Balikpapan Diamankan Polisidroidlime

Dalam kasus tersebut Polisi mengamankan barang bukti tiga unit ponsel serta tangkapan layar di percakapan group media sosial Line.

Sehubungan kasus ini, Thirdy mengimbau masyarakat Balikpapan agar hati-hati dalam penerapan media sosial. Khususnya pengawasan terhadap perilaku pelajar dalam melaksanakan sistem belajar mengajar secara online ini. 

“Kita harapkan dari kejadian ini kita edukasi di media sosial agar berhati-hati pengguna media sosial diharapkan tidak terulang kembali apalagi masih di bawah umur," sesalnya. 

Baca Juga: Hujan Semalaman, Kota Balikpapan Dikepung Genangan Banjir 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya