Modus Unik Penyelundupan Sabu di Lapas Samarinda, Lewat Jagung Rebus

Petugas Lapas Samarinda sukses menggagalkan penyelundupan

Samarinda, IDN Times - Petugas Lapas Narkotika Kelas II A Samarinda berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu yang disembunyikan dalam jagung rebus. Keberhasilan ini diumumkan oleh Kalapas Narkotika Kelas II A Samarinda, Hidayat, pada Senin (22/7/2024).

“Hari ini, kami kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu yang disembunyikan dalam makanan sayur bening berisi jagung rebus,” kata Hidayat dilaporkan Antara di Samarinda.

1. Penangkapan dilakukan selama pemeriksaan makanan

Modus Unik Penyelundupan Sabu di Lapas Samarinda, Lewat Jagung RebusIlustrasi petugas polisi dalam penanganan pelaku kriminal. Foto IA Playground

Upaya penyelundupan ini terungkap saat petugas melakukan pemeriksaan rutin terhadap makanan yang dibawa oleh pengunjung berinisial AP (38) pada pukul 14.05 WITA. Dalam pemeriksaan detail terhadap titipan makanan, petugas menemukan empat bungkus sabu dan satu pipet kaca tersembunyi di dalam jagung rebus.

Baca Juga: Gen Z Samarinda, Generasi Melek Teknologi dan Mahir Bahasa Asing

2. Proses penanganan penyelundupan narkoba

Modus Unik Penyelundupan Sabu di Lapas Samarinda, Lewat Jagung RebusIlustrasi Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri mengungkap kasus peredaran gelap narkoba dan TPPU (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kejadian tersebut segera dilaporkan kepada komandan jaga, Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP), dan Kalapas Hidayat. Selanjutnya, laporan diteruskan kepada Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) dan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Timur.

3. Koordinasi dengan pihak kepolisian

Modus Unik Penyelundupan Sabu di Lapas Samarinda, Lewat Jagung RebusIlustrasi barang bukti Narkoba jenis sabu (IDN Times/ dok polda riau)

Lapas Narkotika Samarinda juga melakukan koordinasi dengan Satuan Reserse Narkoba (Satreskoba) Polresta Samarinda untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Hidayat menjelaskan bahwa modus penyelundupan narkoba ke dalam lapas terus berkembang. Sebelumnya, petugas telah menggagalkan penyelundupan sabu yang disembunyikan dalam bola tenis, sayur masak, bahkan bungkus nasi pecel.

“Kami terus meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pemeriksaan ketat terhadap barang bawaan pengunjung untuk mencegah peredaran narkoba di dalam lapas,” tegas Hidayat.

Baca Juga: Pemkot Samarinda Salurkan Rp1,3 Miliar untuk 10 Parpol

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya