Operasi Pasar Minyak Goreng di Balikpapan Diserbu Warga

Dijual Rp14 ribu per liter kepada warga

Balikpapan, IDN Times - Kementerian Perdagangan RI mendistribusikan sebanyak 11 juta liter minyak goreng ke seluruh Indonesia untuk mengantisipasi tingginya harga minyak goreng saat ini.

“Kota Balikpapan akan mendapatkan sebanyak 20 ribu liter dulu, namun sebenarnya jatah kita sebanyak 50 ribu liter," kata Kepala Dinas Perdagangan Balikpapan Arzaedi Rachman, di sela-sela kegiatan operasi pasar minyak goreng di Balikpapan Barat, Rabu (29/12/2021).

1. Kenaikan harga minyak goreng dipicu kenaikan harga CPO

Operasi Pasar  Minyak Goreng di Balikpapan Diserbu WargaOperasi pasar minyak goreng di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (29/12/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Arzaedi mengatakan, kenaikan harga minyak goreng yang saat ini terjadi di pasaran dikarenakan harga cruide plam oil (CPO) dunia yang mengalami kenaikan. CPO yang merupakan bahan baku minyak sawit. 

Hal ini juga akibat digunakan untuk biodisel sehingga harganya naik otomatis yang di pasaran juga ikut naik.

“Hari ini menyiapkan 3 ribu liter per kecamatan, di mana masing-masing KK dapat membeli maksimum dua liter ke KK dengan harga Rp14 ribu  per liternya,” paparnya.

Dalam operasi pasar ini,  Pemkot Balikpapan bekerja sama dengan PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) yang menyediakan minyak goreng.

“Kami berharap KRN membuat kemasan khusus untuk Balikpapan sebagai CSR nya,” tegasnya.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Balikpapan Digenjot hingga Akhir Tahun

2. Operasi pasar minyak goreng diserbu warga

Operasi Pasar  Minyak Goreng di Balikpapan Diserbu WargaOperasi pasar minyak goreng di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (29/12/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Operasi pasar yang sebanyak 3 ribu liter minyak goreng menarik minat warga, bahkan ribuan warga sudah antre sejak pagi hari untuk mendapatkan minyak goreng murah ini.

Antrean warga yang membeludak ini, kata Arzaedi Rachman, merupakan indikasi mulai pulihnya daya beli masyarakat.

"Di sisi lain apabila masyarakat tidak menahan diri imbasnya harga kian tinggi akan sulit dijangkau untuk yang memiliki keterbatasan ekonomi,” ujarnya.

Masyarakat Kota Balikpapan juga diajak untuk mencegah aksi borong yang dilakukan dalam rangka mencegah tingkat inflasi.

Sebab, berdasarkan data pada tahun 2021 tingkat inflasi di Kota Balikpapan sudah terjaga di angka 0,27 persen.

3. Akan dilakukan di 5 Kecamatan lainnya

Operasi Pasar  Minyak Goreng di Balikpapan Diserbu WargaOperasi pasar minyak goreng di Balikpapan Kalimantan Timur, Rabu (29/12/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, perwakilan KRN Jaya Budiarsa mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 3 ribu liter minyak goreng di Balikpapan Barat.

“Dan kegiatan ini juga akan menyasar di 5 kecamatan lainnya di Kota Balikpapan yakni Balikpapan Kota, Tengah, Selatan, Utara dan Timur, juga akan disiapkan sebanyak 3 ribu liter,” ujarnya.

Kegiatan ini, katanya, sebagai salah satu bentuk kepedulian KRN sebagai produsen untuk membantu masyarakat kelas menengah bawah. Terutama dalam meringankan beban terhadap kenaikan harga bahan pokok jelang tahun baru. 

Baca Juga: Kasus Pencabulan Santriwati di Ponpes Balikpapan Naik Jadi Penyidikan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya