Panen Raya di Kukar, Kontribusi  untuk Ketahanan Pangan Nasional

Panen raya Pemprov Kaltim dan Kodam Mulawarman

Kutai Kartanegara, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik mengungkapkan bahwa panen raya padi yang dilakukan bersama Kodam VI/Mulawarman di Desa Buana Jaya, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (2/3/2024), merupakan langkah strategis dalam mendukung ketahanan pangan nasional di tengah kenaikan harga beras yang signifikan saat ini.

"Panen raya padi ini melibatkan empat kelompok tani yang menggarap lahan seluas 200 hektar, dengan estimasi produksi mencapai 1.000 ton," ungkap Akmal Malik diberitakan Antara di Kutai Kartanegara.

1. Kerja sama TNI dan pemerintah daerah

Panen Raya di Kukar, Kontribusi  untuk Ketahanan Pangan NasionalPj Gubernur Kaltim Akmal Malik menyampaikan sambutan. (Istimewa)

Akmal menegaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk konkret dari kerja sama antara TNI dan pemerintah daerah dalam mendukung kedaulatan pangan nasional serta penyediaan beras lokal di pasar.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Kodam VI/Mulawarman dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara atas respons cepat mereka terhadap tantangan yang kita hadapi, yakni kenaikan harga beras. Semoga produksi ini dapat sedikit meredakan tekanan harga beras dan memberikan bantuan kepada masyarakat, terutama menjelang bulan puasa," katanya.

Baca Juga: PDIP Dominasi di Kukar dengan Raihan 18 Kursi Legislatif   

2. Ketahanan pangan bagi warga Kutai Kartanegara

Panen Raya di Kukar, Kontribusi  untuk Ketahanan Pangan NasionalSawah yang berada di Kabupaten Deli Serdang (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Ia juga menyampaikan harapannya agar ke depan tidak ada lagi hambatan yang mengganggu produksi padi di daerah tersebut, seperti kekurangan air atau kerusakan irigasi. Pemerintah Provinsi Kaltim berkomitmen untuk terus membangun kolaborasi dan sinergi dengan Kodam VI/Mulawarman dan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Kunci utamanya adalah fokus dan kerja sama dalam mengatasi tantangan ini," tambah Akmal Malik.

3. Kolaborasi TNI dan rakyat mewujudkan ketahanan pangan

Panen Raya di Kukar, Kontribusi  untuk Ketahanan Pangan NasionalSemua jenis beras lokal di Banjarmasin naik signifikan.

Sementara itu, Kasrem 091/Asn Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo menyatakan bahwa panen raya ini merupakan salah satu dari tugas pokok TNI dalam mendukung kesejahteraan masyarakat.

"Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk bekerja sama dengan Kementerian Pertanian," katanya.

Pihaknya juga aktif membantu pemerintah daerah setempat dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayahnya, terutama di Kutai Kartanegara.

Priyanto menambahkan bahwa panen raya ini merupakan hasil dari kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yang telah memberikan bantuan berupa pompa air.

Baca Juga: Wabub Kukar Meraih Penghargaan sebagai Tokoh Peduli UMKM

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya