Papua Memanas, Kodam Mulawarman Kirimkan 450 Prajurit

Yonif Raider 600 Modang persiapkan pasukan

Balikpapan, IDN Times - Kodam VI Mulawarman mempersiapkan pasukannya menyusul memanasnya kondisi di Papua pasca serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) diduga dipimpin Egianus Kogoya. Pos pasukan Marinir di Distrik Kenyam Kabupaten Nduga Papua diserang gerombolan bersenjata membuat jatuhnya korban, 1 personel gugur, dua kritis, dan 7 lainnya terluka. 

Sebanyak 450 prajurit dari Batalyon Infanteri 600 Modang Kodam VI Mulawarman akan diberangkatan dalam operasi Satgas Satuan Organik Yonif Raider 600 Modang, dalam waktu dekat.

“Ini dalam rangka tradisi satuan dan saya memohon doa restu di sini karena akan melakukan tugas operasi ke Papua dalam beberapa minggu ke depan,” kata Komandan Yonif Raider 600 Modang Kodam VI Mulawarman, Mayor Inf Karuniawan Hanif Arridho, Minggu (27/3/2022). 

Baca Juga: Kodam VI/Mlw Siapkan Lahan untuk Prajurit di Masa Depan

1. Pasukan berziarah ke Taman Makam Pahlawan di Balikpapan

Papua Memanas, Kodam Mulawarman Kirimkan 450 PrajuritPasukan Kodam Mulawarman berziarah ke Taman Makam Pahlawan di Balikpapan, Minggu (27/3/2022). Foto istimewa

Sebelum pemberangkatan sejumlah kegiatan dan persiapan dilakukan. Salah satunya kegiatan ziarah ke makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gunung Bakaran Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). 

Hanif mengatakan, tujuan dari kegiatan ziarah makam para pahlawan ini untuk berdoa kepada Tuhan agar para pahlawan diampuni segala dosanya dan diterima amal ibadahnya

“Mengingatkan kepada prajurit setidaknya meneladani dan membuktikan kepada negara siap berkorban seperti para pahlawan ini,” ujarnya. 

Selain itu kegiatan ini dalam rangka tradisi satuan untuk memohon doa restu karena dalam waktu dekat akan melakukan tugas operasi.

“Ini dalam rangka tradisi satuan dan saya memohon doa restu di sini karena akan melakukan tugas operasi ke Papua dalam beberapa minggu ke depan,” terangnya.

2. Pasukan Kodam Mulawarman ditempatkan di pos keamanan Papua

Papua Memanas, Kodam Mulawarman Kirimkan 450 PrajuritKomandan Yonif Raider 600 Modang Kodam VI Mulawarman, Mayor Inf Karuniawan Hanif Arridho, Minggu (27/3/2022). Foto istimewa

Di sana nantinya prajurit ini akan ditempatkan di sejumlah pos keamanan di Papua, untuk membantu petugas yang telah berada di sana mengatasi KKB yang kian masif melakukan penyerangan ke prajurit maupun pos-pos keamanan di Papua.

Batalyon 600 Modang akan mempersiapkan pasukannya jelang keberangkatan menuju Papua. Danyonif juga langsung mengunjungi Kompi Senapan C Yonif Raider 600 Modang yang berada di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Di sana Danyonif memberikan pengarahan kepada para prajurit Kompi Senapan C berserta Persit terkait dengan kesiapan para prajurit yang akan diberangkatkan nantinya. 

Baca Juga: Pandam Mulawarman Terobos Hutan untuk Siapkan Pengamanan Nusantara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya