Comscore Tracker

Pelayanan Online Agaria dengan Peluncuran GISTARU

Mampu mempermudah layanan masyarakat

Samarinda, IDN Times - Terkait tata ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah meluncurkan inovasi dan terobosan Geographyc Information System Tata Ruang (GISTARU), di antaranya RTR-Online, RDTR Interaktif, RTR-Builder, Konsultasi Publik Online, dan Protaru.

"Sejalan semangat percepatan pemulihan ekonomi nasional, hari ini diluncurkan Sistem Pendaftaran Online Aplikasi Loketku dan Aplikasi Permohonan Informasi Online," kata Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil dalam amanat tertulis dibacakan Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi dalam akun Instagram Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (24/9/2021). 

1. Mempermudah layanan pada masyarakat

Pelayanan Online Agaria dengan Peluncuran GISTARUinternet

Hadi Mulyadi menjadi inspektur upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2021 di Halaman Kanwil ATR/BPN Kaltim Jalan M Yamin Samarinda. Menteri Agraria dalam sambutan dibacakan Wagub Kaltim mengatakan, layanan elektronik ini, maka masyarakat lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor pertanahan.

Pelayanan pertanahan secara elektronik ini, nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya, dan transparansi pelayanan.

Baca Juga: Tangkal Bahaya Karhutla, Disbun Kaltim Dorong Kelompok Tani Peduli Api

2. Dukungan kemudahan perizinan

Pelayanan Online Agaria dengan Peluncuran GISTARUUpacara peringatan HUT Agraria Nasional ke-61 tingkat Kabupaten PPU (IDN Times/Ervan)

Selain itu, dukungan kemudahan perizinan diberikan melalui penyederhanaan persyaratan di mana hanya ada tiga persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka kegiatan berusaha yaitu kesesuaian, kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR), persetujuan lingkungan dan detail tata ruang (RDTR).

"Bersama-sama pemerintah daerah harus kita dorong dan percepat penerbitannya," lanjutnya lagi.

3. Menteri Agraria memberikan penghargaan pada aparatur negara

Pelayanan Online Agaria dengan Peluncuran GISTARUKabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto menemui Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan A Djalil, di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Senin (1/3/2021). Dok: Humas Bareskrim Polri

Karenanya, menteri menyampaikan penghargaan dan terima kepada para gubernur, bupati/wali kota, camat, kepala desa dan lurah, yang selama ini telah bekerja keras bersama-sama jajaran Kementerian ATR/BPN dalam menyukseskan Program Strategis Kementerian ATR/BPN.

"Apresiasi bagi jajaran Kementerian ATR/BPN atas dedikasi, pengorbanan, dan kerja kerasnya, serta semua pihak yang telah membantu pelaksanaan program dan kegiatan Kementerian ATR/BPN di daerah," ungkapnya. 

Baca Juga: Kaltim Menang Gugatan Lahan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya