Peluncuran Ekowisata Muara Siran di Kutai Kartanegara

Penopang kawasan tiga danau di Kukar

Kukar, IDN Times - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sri Wahyuni bersama Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah melakukan launching Ekowisata Muara Siran sekaligus meresmikan Rumah Apung Danau Siran, di Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara, Ahad (11/12/3022).

“Ketika bicara tiga danau, itu menjadi motor penggerak sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kaltim. Kawasan di sekitarnya akan menjadi penopangnya. Eksplorenya masuk ke Muara Siran,” kata Sri Wahyuni dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

1. Desa Wisata Muara Siran dengan pengembangan ekowisata

Sri Wahyuni mengatakan, Desa Wisata Muara Siran dengan pengembangan ekowisatanya bisa menjadi penopang kawasan tiga danau (Semayang, Melintang dan Jempang) yang telah masuk sebagai kawasan strategis Provinsi Kaltim.

Kaltim menjadi mitra strategis ibu kota negara (IKN) Nusantara, selain wilayah Pulau Derawan dan Maratua yang sudah menjadi Destinasi Pariwisata Prioritas Baru Nasional, pemerintah pusat juga sudah mencari kawasan di sekitar IKN, dengan jarak terdekat yang bisa menjadi escape bagi warga IKN.

Baca Juga: Pria di Kukar Kehilangan Dompet, Uang Tabungan Rp259 Juta Raib 

2. Kawasan wisata tiga danau di Kutai Kartanegara

Peluncuran Ekowisata Muara Siran di Kutai KartanegaraDanau Siran, di Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara. Akun Instagram vxlzone

Itu adalah kawasan tiga danau.

“Ada jalan pendekat dari IKN ke Kota Bangun yang bisa ditempuh selama kurang lebih dua jam. Dan jika dibangun jalan tol, bisa lebih cepat jarak tempuhnya. Ini merupakan benang merah yang sangat baik posisinya, untuk pengembangan ekowisata Muara Siran, sebagai salah satu daerah penopang kawasan wisata tiga danau,” jelas Sri.

Sekda mengapresiasi komitmen dari Pemkab Kukar bersama PT Bara Tabang dan Bayan Group sebagai mitra pemerintah daerah yang sudah melakukan pengembangan ekowisata Desa Muara Siran dengan melakukan pengembangan masyarakat melalui BUMDes maupun Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

3. Desa Muara Siran menjadi contoh pengelolaan ekowisata yang baik

Peluncuran Ekowisata Muara Siran di Kutai KartanegaraDanau Siran, di Desa Muara Siran, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara. Akun Instagram vxlzone

Sri mengatakan, Desa Muara Siran menjadi contoh pengelolaan ekowisata yang baik. Paket wisata dari BUMDes dan Pokdarwis sudah siap untuk dijual kepada agen-agen wisata nasional, sehingga para wisatawan bisa berkunjung.

Menurutnya, desa wisata itu harusnya seperti ini, siap dulu baru diluncurkan.

“Jika disebut ekowisata. Kami menyebutnya (Danau Siran) wisata healing. Healing itu penenangan. Orang itu bisa healing ke gunung, bisa healing ke hutan, bisa healing ke pantai. Tapi di Kaltim kita punya wisata healingnya ke danau. Itu yang mau coba kita labelkan, kita tempelkan kalau orang ke Danau Siran, maka mereka bisa mendapatkan suasana tenang. Pengalaman yang tidak didapatkan di tempat lain,” tambah mantan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim ini.

Tampak hadir Kepala DPMPD Provinsi Kaltim Anwar Sanusi, Kepala Dinas Pariwisata Ahmad Herwansyah, Kepala Dinas Kominfo M Faisal, Camat Muara Kaman Barlian, Kepala Desa Muara Siran, manajemen PT Bara Tabang dan Bayan Group.

Baca Juga: Polda Kaltim Amankan Tongkang dalam Praktik Tambang Ilegal di Kukar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya