Pembentukan TPI Khusus untuk Pelayanan Imigrasi di IKN

Pintu masuk layanan imigrasi di Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Penetapan Ibukota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara Kalimantan Timur (Kaltim) berkolerasi langsung dengan pelayanan keimigrasian bagi masyarakat. Pemerintah mengumumkan progres pembangunan infrastruktur di IKN sudah memasuki tahap 80 persen seperti rencana semula.

Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Balikpapan Adrian Sutrisno menyebutkan, keberadaan IKN akan berdampak pada penyesuaian status tempat pemeriksaan imigrasi (TPI) di sejumlah lokasi pintu ke luar masuk orang asing. 

"Setidaknya harus disesuaikan dengan TPI khusus imigrasi di lokasi IKN," kata Adrian dalam jumpa pers di Balikpapan, Selasa (7/5/2024).

1. Pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan

Pembentukan TPI Khusus untuk Pelayanan Imigrasi di IKNKepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Balikpapan Adrian Sutrisno, Selasa (7/5/2024). (IDN Times/Sri.Wibisono)

Adrian menyatakan, Kantor Imigrasi Balikpapan berstatus TPI Kelas I dalam melayani arus pintu ke luar masuk warga asing di Kaltim. Sebagaimana diketahui, terdapat tiga jalur resmi pintu ke luar masuk warga asing di Kaltim, di antaranya Bandara Sepinggan Balikpapan, Pelabuhan Semayang Balikpapan, dan jalur perairan laut di Paser. 

Sehubungan penetapan IKN sebagai ibukota negara, kata Adrian, pemerintah pun membangun bandara VVIP IKN berlokasi di PPU guna melayani arus ke luar masuk tamu-tamu negara di Indonesia. Lokasi bandara VVIP IKN ini nantinya dilengkapi dengan layanan TPI Khusus untuk pelayanan kepentingan keimigrasian. 

"Bandara IKN nantinya dilengkapi dengan adanya TPI Khusus untuk melayani proses imigrasi tamu-tamu negara di IKN," paparnya. 

Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan sudah mengusulkan penyesuaian statusnya ini kepada Kementerian Hukum dan HAM RI agar memaksimalkan pelayanan imigrasi kepada masyarakat. 

Baca Juga: Kebun Raya Balikpapan, Pengetahuan dan Pesona Alam Kalimantan

2. Layanan Keimigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan

Pembentukan TPI Khusus untuk Pelayanan Imigrasi di IKNDua WNA asal Pakistan yang ditangkap Imigrasi Blitar. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Kantor Imigras Kelas I Balikpapan, lanjut Adrian menargetkan mampu melayani pemeriksaan 60 ribu orang di 3 TPI di Kaltim pada tahun 2024 ini. Lokasi TPI-nya tersebar  di Bandara Sepinggan Balikpapan, Pelabuhan Semayang, dan perairan Kabupaten Paser. Setelah adanya kejelasan status IKN, menurutnya akan ada potensi peningkatan signifikan frekuensi jalur ke luar masuk wilayah untuk Kaltim. 

Demikian juga peningkatan jumlah pelayanan permintaan pembuatan pasport di Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan. "Kuota layanan Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan selalu habis untuk waktu 2 hingga 3 hari ke depan. Ini menunjukkan peningkatan pelayanan keimigrasian di Balikpapan setelah adanya IKN," ungkap Adrian. 

Adrian mencatatkan keberadaan 413 warga negara asing (WNA) sudah memasuki TPI di Kaltim berstatus izin tinggal kunjungan (127), izin tinggal terbatas (282), dan izin tinggal tetap (4). Keberadaan mereka terdeteksi Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan periode Januari hingga April 2024  lalu. 

3. Arus ke luar masuk antara negara di Kaltim

Pembentukan TPI Khusus untuk Pelayanan Imigrasi di IKNSebanyak 1989 penumpang kapal kecewa terhadap pelayanan awak kapal KM Mutiara Ferindo VII di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Selasa (23/4/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Lebih lanjut, Adrian mengungkapkan jalur perlintasan ke luar negeri sebanyak 11.356 WNI dan 1.555 WNA serta kedatangan 9.912 WNI dan 1.510 WNA di Bandara Sepinggan Balikpapan. Demikian juga jalur perlintasan ke luar negeri 289 WNI dan 4.041 WNA serta kedatangan 289 WNI dan 4.279 WNA di Pelabuhan Semayang dan jalur perairan laut Paser. 

Kantor Imigrasi Kelas I Balikpapan mengumpulkan data tersebut dalam capaian kinerja keimigrasian Kaltim periode Januari hingga April 2024 ini. Sehubungan itu, Kantor Imigrasi Balikpapan juga makin meningkatkan operasi bidang keamanan, seperti operasi intelijen keimigrasian, operasi mandiri, operasi gabungan, hingga penyidikan tingdak pidana keimigrasian di wilayah Kaltim.  

Baca Juga: Balikpapan Luncurkan Bantuan BPJS Naker untuk Pekerja Rentan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya