Comscore Tracker

Pembentukan UPPB di Balikpapan untuk Tingkatkan Kualitas Produk Karet

Membantu para petani kebun sawit di Balikpapan

Samarinda, IDN Times - Dinas Perkebunan Kalimantan Timur (Kaltim) bekerja sama Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Balikpapan memfasilitasi pembentukan Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) di Kelurahan Lamaru Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan, Kamis (12/5/2022).

"Khususnya petani karet di wilayah Kelurahan Lamaru, Kota Balikpapan," ujar Kepala Dinas Perkebunan Ujang Rachmad dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Peningkatan mutu bokar

Ujang meresmikan pembentukan UPPB di Balikpapan didampingi Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Siti Juriah. Ia mengatakan, pembentukan UPPB untuk peningkatan mutu bokar (bahan olahan karet).

Sehingga berdampak pada peningkatan harga bokar yang berujung pada peningkatan pendapatan petani karet.

Dijelaskannya, pembentukan UPPB yang dikukuhkan dengan nama Bina Maju Bersama ini, sangat erat kaitannya dengan upaya meningkatkan pendapatan petani karet.

2. Produk hasil karet akan lebih bernilai

Pembentukan UPPB di Balikpapan untuk Tingkatkan Kualitas Produk KaretPemandangan Perkebunan Karet Lonsum, salah satu obyek wisata di Kabupaten Bulukumba. (Dok. Winarto T. - Instagram.com/nart_o)

Sebab lanjutnya, petani dapat menjual bokar kepada industri atau pabrik crumb rubber dengan harga tinggi.

Dalam kesempatan ini, dilaksanakan pula bimbingan teknis pasca panen karet yang diikuti 15 petani karet.

Kegiatan dihadiri Kepala Perkebunan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, manajemen PT Multi Sarana Kusuma Cemerlang dan Ketua UPPB Sido Rukun. 

Baca Juga: Waspada! Penipuan Pembelian Perhiasan di Toko Emas Samarinda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya