Comscore Tracker

Pemkab Penajam Alokasi Rp489 Miliar untuk 518 Paket Infrastruktur

Menggenjot pembangunan Infrastruktur PPU

Penajam, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim) siapkan anggaran lebih kurang Rp489 miliar untuk 518 paket proyek pembangunan infrastruktur di daerah berjuluk Benuo Taka itu.

"Tahun ini dialokasikan sekitar Rp489 miliar untuk pembangunan sejumlah infrastruktur," ungkap Pelaksana tugas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemkab PPU Nicko Herlambang diberitakan Antara, Senin (23/1/2023). 

1. Anggaran untuk pembangunan infrastruktur PPU

Pemkab Penajam Alokasi Rp489 Miliar untuk 518 Paket InfrastrukturIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Anggaran tersebut, lanjut dia, untuk 518 paket pembangunan infrastruktur di antaranya 116 paket proyek konstruksi yang dilelang  dan 402 paket lainnya untuk belanja langsung, pengawasan serta perencanaan.

Anggaran dialokasikan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terbagi pada Bidang Bina Marga Rp233 miliar, Bidang Cipta Karya Rp130 miliar, dan untuk pembebasan lahan Rp38 miliar.

Anggaran digunakan untuk pembangunan jalan antar-kecamatan, jalan pertanian, pembangunan gedung perkantoran, dan pembebasan lahan warga yang terkena proyek pembangunan.

 "Masih ada lahan warga yang terkena proyek belum dibebaskan dan kepala daerah minta diselesaikan tahun ini," ujar dia.

Baca Juga: Program Desa Korporasi Sapi di PPU Terealisasi dengan Maksimal

2. Penyelesaian dokumen pengerjaan paket

Pemkab Penajam Alokasi Rp489 Miliar untuk 518 Paket InfrastrukturNicko Herlambang (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dinas PUPR Kabupaten PPU diminta segera menyelesaikan dokumen pengerjaan paket agar cepat diproses lelang, sebab ditargetkan seluruh paket pekerjaan rampung September 2023. 

Target September 2023 sudah selesai semua paket pekerjaan tersebut, kata dia, diharapkan pada APBD Perubahan 2023 mendapatkan tambahan anggaran untuk digunakan proyek pembangunan lainnya.

3. Paket pekerjaan diharapkan pada APBD Perubahan 2023

Pemkab Penajam Alokasi Rp489 Miliar untuk 518 Paket InfrastrukturSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Target September 2023 sudah selesai semua paket pekerjaan tersebut, kata dia, diharapkan pada APBD Perubahan 2023 mendapatkan tambahan anggaran untuk digunakan proyek pembangunan lainnya.

Dinas PUPR Kabupaten PPU juga diminta untuk mengumumkan terlebih dahulu paket proyek pembangunan sebelum proses lelang, sebagai bentuk transparansi dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD 2023 Kabupaten Penajam Paser Utara kurang lebih Rp1,9 triliun, hampir sepertiga anggaran dari APBD tersebut, yakni sekitar Rp489 miliar dialokasikan untuk sejumlah pembangunan infrastruktur.
 Anggaran yang dialokasikan kepada Dinas PUPR pada tahun ini tergolong besar, jelas Nicko Herlambang, sebelumnya hanya kisaran Rp300 miliar.

Baca Juga: Program Desa Korporasi Sapi di PPU Terealisasi dengan Maksimal

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya