Pemkab PPU Ajak Warganya Gemari Menu Makanan Ikan

Lomba memasak dengan olahan ikan

Penajam, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengajak masyarakat setempat untuk mencintai makanan ikan melalui lomba memasak dengan bahan-bahan yang didominasi oleh ikan.

"Lomba memasak dengan berbagai olahan ikan ini merupakan salah satu langkah sosialisasi yang diambil oleh pemerintah kabupaten untuk mendorong minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan," ujar Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten PPU Linda Romauli Siregar diberitakan Antara di Penajam, Selasa (5/3/2024). 

1. Inspirasi bagi masyarakat hidangan lezat dan bergizi

Pemkab PPU Ajak Warganya Gemari Menu Makanan IkanInstagram.com/Makandoang

Lomba memasak dengan berbagai olahan ikan ini bertujuan untuk menginspirasi masyarakat agar dapat menyiapkan hidangan-hidangan ikan yang kaya akan variasi, lezat, dan bergizi.

Dalam konteks penanggulangan masalah kekurangan gizi pada anak, terutama stunting, Linda menjelaskan bahwa pentingnya upaya untuk memberikan asupan makanan yang kaya akan ikan kepada balita. Namun, seringkali balita tidak begitu menyukai ikan. Oleh karena itu, bahan ikan diolah sedemikian rupa sehingga tidak lagi memiliki tekstur ikan yang khas, tetapi dapat dihidangkan dalam bentuk bubur atau olahan lain yang menarik bagi selera anak-anak.

Baca Juga: El Nino Dituding Jadi Penyebab Naiknya Harga Beras di PPU 

2. Budaya baru bagi masyarakat PPU

Pemkab PPU Ajak Warganya Gemari Menu Makanan Ikanilustrasi orang mengolah udang sebagai makanan penyebab asam urat tinggi (freepik.com/freepik)

Diharapkan lomba memasak dengan berbagai olahan ikan ini dapat menjadi budaya baru bagi masyarakat dalam mengapresiasi makanan ikan. "Melalui lomba ini, kami berharap dapat menggalakkan kegemaran masyarakat terhadap konsumsi ikan," tambahnya.

Tema lomba memasak dengan berbagai olahan ikan ini menekankan pada pentingnya ikan dalam menjaga kesehatan dan mendukung perkembangan generasi masa depan.

Tema tersebut dipilih sebagai bagian dari upaya sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran gizi masyarakat, dengan harapan dapat melahirkan generasi yang sehat, kuat, dan cerdas.

3. Lomba memasak dengan pelbagai olahan ikan

Pemkab PPU Ajak Warganya Gemari Menu Makanan Ikanpotret menu Seafood Situbondo (google.com/maps/Seafood Situbondo)

Melalui lomba memasak dengan pelbagai olahan ikan ini, diharapkan informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat kesehatan ikan dapat lebih tersebar luas. Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam memasak hidangan keluarga dengan bahan dasar ikan.

Pemerintah Kabupaten PPU terus berupaya untuk menggalakkan gerakan "Gemparkan" dalam memasyarakatkan konsumsi ikan di kalangan masyarakat, dengan melibatkan Dinas Perikanan dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga: Raih Piala Adipura, Ini Kata Pj Bupati PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya