Pemkab PPU Perbanyak Faskes di Kota Nusantara

Pembangunan Puskesmas Semoi Dua di Sepaku

Penajam, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) di Kalimantan Timur (Kaltim) memperkuat layanan kesehatan di Kota Nusantara dengan melakukan percepatan pembangunan lanjutan Puskesmas Semoi Dua di Kecamatan Sepaku yang masuk wilayah ibu kota negara masa depan Indonesia itu.
 
Kepala Dinas Kesehatan PPU Jansje Grace Makisurat  menyiapkan anggaran Rp2 miliar untuk percepatan pengerjaan pembangunan lanjutan Puskesmas Semoi Dua. "Percepatan pembangunan lanjutan itu untuk memperkuat layanan kesehatan di wilayah ibu kota negara baru Indonesia," tambahnya dilaporkan Antara, Senin (8/1/2024).

1. Pembangunan Puskesmas Semoi dari pemerintah pusat

Pemkab PPU Perbanyak Faskes di Kota NusantaraJubir Satgas PPU dr. Jansje Grace Makisurat (IDN Times/Ervan)

Pemerintah pusat pada 2020 memberikan bantuan dana pembangunan Puskesmas Semoi Dua melalui Kementerian Kesehatan lebih kurang Rp7,6 miliar. Namun, pengerjaan pembangunan puskesmas di Kecamatan Sepaku itu belum rampung, sehingga belum bisa digunakan atau difungsikan.
 
Proses pembangunan puskesmas itu dipercepat pada tahun ini dengan menyelesaikan pengerjaan lantai dua yang akan difungsikan sebagai ruang manajemen.
 
"Dipastikan pengerjaan Puskesmas Semoi Dua di Kecamatan Sepaku selesai tahun ini dengan tambahan anggaran Rp2 miliar yang disediakan pemerintah kabupaten," ujarnya lagi.

Baca Juga: Bom Temuan di PPU Disimpan di Museum Mulawarman

2. Kemenkes pada 2020 memberikan dana Rp9,6 miliar

Pemkab PPU Perbanyak Faskes di Kota NusantaraKadiskes PPU dr Jansje Grace Makisurat serahkan sertifikat PJAS Aman ke perwakilan desa dan sekolah (IDN Times/Ervan)

Kemenkes pada 2020 juga memberikan dana lebih kurang Rp9,6 miliar untuk pembangunan Puskesmas Babulu di Kecamatan Babulu dengan target menjadi prasarana layanan kesehatan yang mumpuni di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai daerah mitra Kota Nusantara.
 
Pembangunan Puskesmas Babulu yang dilakukan bersamaan dengan Puskesmas Semoi Dua itu, menurut dia, masih ada pengerjaan yang belum terselesaikan.

3. Pembangunan anggaran perubahan 2024

Pemkab PPU Perbanyak Faskes di Kota NusantaraLokasi Titik Nol Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur, Kamis (8/6/2023). (IDN Times/Sri.Wibisono)

Pengerjaan lanjutan pembangunan puskesmas itu akan dilakukan pada anggaran perubahan 2024 apabila memungkinkan, atau paling lambat pada 2025, demikian Jansje Grace Makisurat.
 
"Pengerjaan pembangunan Puskesmas Babulu yang belum selesai yakni lantai dua dan tiga," ucapnya lagi.

Baca Juga: Sempat Diterpa Isu Miring, Rumah Jabatan Bupati PPU Bisa Ditempati

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya