Pemkot Samarinda Desain Ulang Taman Samarendah dengan Sky View

Destinasi wisata masyarakat Samarinda

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur tengah merancang ulang Taman Samarendah sebagai destinasi wisata masyarakat yang dilengkapi dengan fasilitas pemandangan langit atau sky view.

Wali Kota Samarinda Andi Harun menyatakan bahwa proyek fisik New Taman Samarendah direncanakan akan dimulai pada tahun 2025.

"Anda telah memerintahkan kepada Dinas PUPR untuk menyempurnakan konsepnya agar proyek ini dapat dimulai pada tahun 2025," katanya diberitakan Antara, Minggu (21/4/2024). 

1. Taman Samarendah akan dilengkapi menara baru

Pemkot Samarinda Desain Ulang Taman Samarendah dengan Sky ViewWali Kota Samarinda Andi Harun (Nina/IDN Times)

Menurut paparan dari tim teknis Dinas PUPR Samarinda, Taman Samarendah akan dilengkapi dengan sebuah menara baru yang akan menggantikan struktur yang sudah ada.

Menara baru ini akan memiliki ketinggian sekitar 36 meter dan dilengkapi dengan fasilitas sky view, memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan kota Samarinda dari ketinggian.

Selain itu, di lantai empat menara akan disediakan fasilitas restoran dan kafe yang bekerja sama dengan pihak ketiga, serta fasilitas ruang rapat/pertemuan di lantai dasar.

Baca Juga: Bandara Samarinda Tambah Penerbangan untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik

2. Konsep bangunan menara harus memiliki filosifis

Pemkot Samarinda Desain Ulang Taman Samarendah dengan Sky ViewMahakam Lampion Garden (MLG) di Samarinda (facebook.com/mahakamlampiongardensamarinda)

Andi Harun menyatakan konsep bangunan menara harus memiliki filosofis. 

"Saya ingin menekankan bahwa bangunan menara harus memiliki konsep filosofis, mungkin seperti menyerupai ikan Pesut Mahakam. Oleh karena itu, saya meminta untuk merancang dan mendesain ulang dengan memperhatikan hal tersebut," jelasnya. 

Dalam presentasi tersebut, juga diungkapkan bahwa rencana penataan vegetasi yang saat ini sudah ada di sekitar taman akan direvitalisasi dengan penambahan jenis tanaman atau pohon yang tidak merusak lantai jalan di taman.

3. Pembangunan taman akan direalisasikan tahun depan

Pemkot Samarinda Desain Ulang Taman Samarendah dengan Sky ViewKampung Tenun Samarinda (instagram.com/intanadella_)

Andi Harun yakin bahwa jika pembangunan taman ini dapat terealisasi tahun depan, maka akan menjadi tujuan wisata populer bagi masyarakat Samarinda dan sekitarnya.

"Selanjutnya, perencanaan konsep lahan parkir juga perlu dipertimbangkan, apakah akan menggunakan sistem drop out atau valet parking mengingat lahan yang tersedia saat ini terbatas," tambahnya.

Selain rekonstruksi Taman Samarendah, Pemerintah Kota Samarinda juga merencanakan rehabilitasi gedung kantor BPBD, pembangunan Masjid Al Khair di Jalan Dr. Sutomo, dan pemugaran Taman PKK Samarinda.

Baca Juga: Kebijakan Samarinda soal Urbanisasi selama Arus Balik Lebaran 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya