Pemprov Kaltim Alokasikan Rp18 Miliar Perbaikan Jalan di Samarinda

Dua jalan provinsi mengalami ambles  

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalokasikan anggaran Rp18 miliar untuk perbaikan infrastruktur jalan provinsi di Kota Samarinda pada Tahun Anggaran 2023.

"Dua jalan provinsi tersebut mengalami ambles dan kami telah anggarkan perbaikan pada APBD Kaltim tahun 2023," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (PUPR-Pera) Kaltim Aji Muhammad Fitra Firnanda dilaporkan Antara di Samarinda, Kamis (12/5/2023). 

1. Perbaikan dua jalan provinsi

Pemprov Kaltim Alokasikan Rp18 Miliar Perbaikan Jalan di SamarindaIlustrasi perbaikan jalan. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Nanda mengatakan, anggaran tersebut untuk perbaikan dua jalan provinsi yakni Jalan Sultan Sulaiman Kecamatan Sambutan Samarinda dan Jalan Pattimura (Teluk Bajau) Kecamatan Samarinda Seberang.

Pihaknya akan mengebut pengerjaan dua titik jalan ambles tersebut, supaya bisa dilewati masyarakat. "Kami akan kebut pekerjaan perbaikan jalan tersebut," ujarnya.

Dia mengatakan pengerjaan jalan di Sambutan sudah tanda tangan kontrak proyek dan dikerjakan pada Mei 2023.

Baca Juga: Sindikat Curanmor 24 Unit Kendaraan di Samarinda Diringkus

2. Nilai proyek pekerjaan jalan sekitar Rp11 miliar

Pemprov Kaltim Alokasikan Rp18 Miliar Perbaikan Jalan di SamarindaIlustrasi pembangunan pelebaran jalan (IDN Times/Dhana Kencana)

Nilai proyek pekerjaan jalan tersebut sekitar Rp11 miliar bersumber dari anggaran murni APBD Kaltim. "Insya Allah jalan bisa rampung rentang waktu kurang lebih enam bulan," katanya.

Nanda menargetkan Jalan Sultan Sulaiman Sambutan yang terdampak longsor tersebut bisa dilalui pengendara November 2023.

"Proyek ini juga memang menjadi kegiatan infrastruktur jalan mendesak, yang harus dikejar, serta direncanakan sebelumnya," katanya.

3. Langkah awal pelelangan lebih awal

Pemprov Kaltim Alokasikan Rp18 Miliar Perbaikan Jalan di SamarindaAda plang perbaikan jalan di Malang Selatan, tapi tidak ada yang melakukan perbaikan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Langkah awal Pemprov Kaltim melakukan pelelangan lebih awal. "Pencapaian tahun kemarin kan memang belum maksimal, maka dari itu dengan pelelangan dini menjadi langkah mempercepat pembangunan infrastruktur,” katanya.

Proyek perbaikan di kawasan jalan provinsi yang juga menjadi perhatian ialah Jalan Pattimura (Teluk Bajau) Kecamatan Samarinda Seberang.

Penanganan titik yang ambles dianggarkan sekitar Rp7 miliar untuk ditangani Pemprov Kaltim.

"Jalan di Teluk Bajau kami juga alokasikan tahun ini dengan APBD murni, jadi kami akan upayakan bahwa pekerjaan proyek tersebut bisa terkejar pada 2023," ujar Nanda.

Baca Juga: Delapan Bangunan di Samarinda Hangus Terbakar

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya