Comscore Tracker

Penetapan IKN yang Menjadi Anugerah bagi Warga Kaltim

Bagi pembangunan Kaltim ke depan

Samarinda, IDN Times - Penetapan ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan anugerah besar bagi rakyat Benua Etam. Kenapa anugerah besar? Karena ketika berbicara perimbangan keuangan, Kaltim sempat mengusulkan sebagai daerah otonomi khusus.

Kemudian adanya usulan untuk keadilan dana bagi hasil (DBH) daerah terhadap hasil kekayaan yang telah disetor ke pusat.

Karena itu, adanya IKN, diyakini menjadi anugerah besar bagi masyarakat. Sebab, secara otomatis tentu pemerintah pusat akan memikirkan alokasi anggaran untuk provinsi yang ditetapkan menjadi IKN.

"Yang jelas, adanya IKN ini, secara otomatis pasti akan dibiayai oleh pemerintah pusat. Karena itu, seluruh daerah di Kalimantan maupun wilayah Indonesia Timur diyakini akan berkembang pesat," kata Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (9/11/2021). 

1. Alokasi pembangunan ke depan ditingkatkan adanya IKN

Hadi Mulyadi menjadi narasumber Talkshow komunikasi partisipatif masyarakat Kaltim menuju IKN Tangguh dengan tagline Masyarakat dan Pemerintah Siap yang digelar Fisip Universitas Mulawarman di Ruang Laboratorium Hubungan Internasional, secara daring dan luring, Selasa 9 November 2021.

Menurut Hadi, akses komunikasi dan koordinasi antara provinsi di Wilayah Indonesia Timur akan lebih dekat. Apalagi, Pemprov juga telah meminta agar pengembangan IKN selaras dan seimbang dengan kota atau daerah sekitarnya.

"Kami telah meminta pusat menyiapkan alokasi anggaran untuk pengembangan insfrastruktur di daerah penyangga IKN. Mulai jalan tol Samarinda-Bontang, jalan tol Balikpapan hingga ke IKN. Semua itu sudah kita komunikasikan," jelasnya.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 Diyakini akan Berakhir di Kaltim

2. Mempersiapkan SDM berkualitas

Penetapan IKN yang Menjadi Anugerah bagi Warga KaltimIDN Times/Arief Rahmat

Selanjutnya, penetapan IKN ini, maka Kaltim harus menyiapkan SDM yang berkualitas serta berdaya saing, sehingga kelak tak jadi penonton.

Wakil Dekan I FISIP Unmul Dr Phil I Ketut Gunawan mengatakan sangat bersyukur Wagub Hadi Mulyadi bersedia hadir dalam talkshow yang digelar Fisip Unmul.

"Melalui talkshow ini, kami berharap masyarakat, khususnya para mahasiswa semakin tahu bagaimana perjuangan dan perkembangan IKN di Benua Etam," ungkap Phil I Ketut Gunawan.

Talkshow dipandu moderator Santi Rande menghadirkan narasumber Dosen Ilmu Komunikasi Fisip Unmul Hj Hairunisa Husein dan Dirut Presisi.co Oktavianus.

3. Penetapan ibu kota negara baru

Penetapan IKN yang Menjadi Anugerah bagi Warga KaltimPresiden Jokowi (pegang payung) saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Pemerintah sudah menetapkan lokasi ibu kota negara baru di Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara Kaltim. Sementara ini, pemerintah sudah mengajukan Rencana Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara sudah diusulkan kepada DPR RI untuk dilakukan pembahasan bersama. 

Di sisi lain, pemerintah pusat dan daerah sudah mendorong agar pembangunan infrastruktur di lokasi IKN dapat berjalan dengan lancar. Bahkan, Presiden Joko "Jokowi" Widodo berulang kali meninjau langsung lokasi IKN bersama para jajaran tinggi kabinetnya. 

Baca Juga: Polda Kaltim akan Tindak Aksi Penutupan Jalan Tol di Kaltim

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya