Perempuan Pekerja Sawit di Ketapang Selamat dari Terkaman Buaya

Buaya berkeliaran di area sungai sekitar perkebunan

Pontianak, IDN Times - Seorang perempuan pekerja di perkebunan kelapa sawit berinisial FD (38 tahun) selamat usai diterkam buaya saat mengambil air di anak sungai Desa Air Hitam, Kecamatan Kendawangan, Ketapang Kalimantan Barat (Kalbar) pada Kamis 27 Juli 2023. 

Kapolres Ketapang Ajun Komisaris Besar Polisi Tommy Ferdian mengatakan, peristiwa nahas tersebut terjadi saat korban akan melakukan penyemprotan rumput di area perkebunan bersama rekannya.

"Korban saat itu akan melakukan penyemprotan rumput di area kebun kelapa sawit," katanya dihubungi koresponden IDN Times di Pontianak Tri Purnawati, Selasa (1/8/2023). 

1. Kronologis kejadian penerkaman buaya

Perempuan Pekerja Sawit di Ketapang Selamat dari Terkaman Buayailustrasi buaya muara (IDN Times/Andri NH)

Karena arah penyemprotan berbeda, korban dengan rekannya berpisah. FD sebelumnya akan mengisi air tangki racun rumput di sebuah anak sungai yang dipenuhi dengan rawa-rawa.

Kondisi anak sungai ini dipenuhi dengan semak belukar sehingga korban pun tidak mengetahui ada buaya ganas sedang mengintainya. Korban tiba-tiba diterkam buaya pada saat sedang mengisi ulang air tangki tersebut.

“Saat itu juga korban langsung diterkam buaya dan selanjutnya dibawa masuk ke dalam sungai,” kata Tommy.

Baca Juga: Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Padat Merayap, Antrean Panjang 6 Km

2. Korban selamat dan masih dalam perawatan

Perempuan Pekerja Sawit di Ketapang Selamat dari Terkaman BuayaWarga Desa Teluk Lanus tangkap seekor buaya muara diduga mangsa manusia. (Dok. Istimewa)

Tommy mengatakan, korban saat masuk ke dalam sungai tersebut sempat ditenggelamkan oleh buaya selama 90 menit. Pekerja lain yang melihat peristiwa tersebut langsung melakukan pertolongan, dan menyelamatkan korban.

“Korban berhasil diselamatkan oleh teman-teman dengan cara menarik tangan korban, dan mengangkat korban ke darat lalu langsung dibawa ke rumah sakit,” terangnya.

Saat ini kondisi korban mengalami luka parah dari gigitan buaya tersebut, FD mengalami luka parah di bagian kaki kiri, kaki kanan, betis, paha hingga ekor tulang belakang.

“Selanjutnya korban telah dirujuk ke RS Imanudin Kalimantan Tengah dan telah dilakukan perawatan intensif,” ujarnya.

3. Masyarakat diminta hati-hati keganasan buaya muara

Perempuan Pekerja Sawit di Ketapang Selamat dari Terkaman BuayaWarga Desa Teluk Lanus tangkap seekor buaya muara diduga mangsa manusia. (Dok. Istimewa)

Dari peristiwa tersebut Kapolres Ketapang mengimbau kepada para pekerja kebun sawit agar tetap berhati-hati dalam bekerja utamakan keselamatan.

“Kepada perusahaan agar memonitor  wilayah perusahaan yang sekiranya masih ada ditemukannya hewan liar yang membahayakan para pekerja,” tutupnya.

Seperti diketahui juga, Pulau Kalimantan menjadi sarangnya buaya muara yang terkenal ganas dan berbahaya bagi manusia. Sudah banyak korban jiwa menjadi keganasan jenis buaya muara ini. 

Baca Juga: Libur Sekolah, Pelabuhan Ketapang Dipadati Kendaraan Pribadi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya