Pesta Laut Pesisir Nusantara di Samboja, Pemberdayaan Ekonomi Lokal  

Mendorong signifikan pelaku UMKM setempat

Kukar, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim) menyampaikan bahwa Pesta Laut Pesisir Nusantara 2024 di Samboja pada Sabtu dan Minggu 2-3 Maret 2024, telah memberikan dorongan signifikan bagi ekonomi masyarakat dengan melibatkan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, menegaskan bahwa salah satu tujuan dari penyelenggaraan pesta laut ini adalah untuk melestarikan seni dan budaya lokal serta meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di wilayah tersebut," ungkapnya dilaporkan Antara di Tenggarong Minggu (3/3/2024).

1. Pesta Laut Pesisir Nusantara merupakan kegiatan tahunan

Pesta Laut Pesisir Nusantara di Samboja, Pemberdayaan Ekonomi Lokal  Air Terjun Perjiwa Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara.(Topan Setiawan/Timespergerakan.com)

Pesta Laut Pesisir Nusantara ini merupakan kegiatan tahunan yang awalnya digelar oleh para nelayan di Kecamatan Samboja. Namun, sekarang acara tersebut telah menjadi bagian dari kalender tahunan Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar, bahkan menjadi bagian dari Program Kukar Idaman yang dikenal sebagai Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F).

Pesta laut yang berlangsung di halaman Pasar Samboja Kuala ini menampilkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan budaya lokal, diiringi dengan pertunjukan musik dan ritual adat seperti Ritual Adat Budaya Pesta Laut, Melarung, Berlimbur (tradisi saling siram), dan Hias Perahu Nelayan.

Baca Juga: Tim SAR Gabungan Cari Nelayan Hilang di Perairan Kutai Kartanegara

2. Penampilan artis nasional serta tarian tradisonal

Pesta Laut Pesisir Nusantara di Samboja, Pemberdayaan Ekonomi Lokal  Ilustrasi tarian Bedhaya Anglir Mendung Pura Mangkunegara. (IDN Times/Larasati Rey)

Semua kegiatan tersebut terbuka untuk masyarakat umum, dengan tambahan hiburan musik, penampilan artis nasional, serta tarian tradisional yang disajikan oleh panitia acara.

Salah satu pengunjung, Galang, menyatakan kegembiraannya atas berbagai sajian seni dan budaya yang ditampilkan, serta menikmati aneka kuliner dari UMKM setempat, mulai dari gado-gado hingga makanan ringan dan minuman yang telah ia beli.

3. Wujud nyata dari komitmen Pemkab Kutai Kartanegara

Pesta Laut Pesisir Nusantara di Samboja, Pemberdayaan Ekonomi Lokal  Museum Mulawarman di Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. (IDN Times/Wibisono)

Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Kukar Antony Kusbiantoro menjelaskan, Pesta Laut Nusantara yang dijadikan festival ini adalah wujud nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Program Kukar Kaya Festival.

"Festival ini merupakan bentuk dedikasi kami untuk memastikan kesejahteraan masyarakat, karena selain menjaga warisan budaya, festival ini juga menjadi wadah untuk mempromosikan berbagai produk lokal Samboja, khususnya dari kalangan UMKM," ungkap Antony.

Baca Juga: Fakta Menarik tentang Pantai Tanah Merah di Kutai Kartanegara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya