Pimpinan Dirjen Pemasyarakatan Tinjau Lapas Balikpapan

Dalam peningkatan fasilitas lapas di Kaltim

Balikpapan, IDN Times - Pimpinan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Balikpapan, Sabtu (11/12/2021). Mereka datang untuk melihat situasi dan kondisi Lapas Kelas IIA Balikpapan. 

Mereka yakni Direktur Keamanan dan Ketertiban Abdul Aris, serta Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Muji Raharjo.  

"Secara umum kondisi keamanan di Lapas Kelas II A Balikpapan tergolong kondusif serta layanan bagi WBP yang diberikan baik," kata Abdul Aris. 

1. Rombongan mengecek ruangan Lapas Balikpapan

Pimpinan Dirjen Pemasyarakatan Tinjau Lapas BalikpapanIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam momentum itu, rombongan Dirjen Lapas melihat langsung kondisi blok hunian yang baru selesai dibangun. Pihak lapas membangun dapur dan klinik guna meningkatkan kualitas pelayanan. 

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kaltim Jumadi mendampingi dalam proses peninjauan. 

Baca Juga: Mengenal Pahu, Badak Sumatra yang Ditemukan di Hutan Kaltim 

2. Bagian monitoring Lapas di Balikpapan

Pimpinan Dirjen Pemasyarakatan Tinjau Lapas BalikpapanDok. KBR.id

Seusai peninjauan, Kepala Lapas Kelas II A Balikpapan Pujiono Slamet menyampaikan kunjungan ini bagian dari pembinaan, monitoring, pengawasan, dan pengendalian (bintorwasdal).

Monitoring dan evaluasi agar Lapas Kelas IIA Balikpapan bisa lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi sekarang ini Lapas Balikpapan masuk dalam penilaian WBK (wilayah bebas dari korupsi).

3. Penguatan tugas Lapas di Kaltim

Pimpinan Dirjen Pemasyarakatan Tinjau Lapas BalikpapanPerwakilan Dirjen Lapas dalam peninjauan Lapas di Balikpapan. Foto istimewa

Rombongan Dirjen Lapas pun menyosialisasikan penguatan tugas dan fungsi pemasyarakatan yang diikuti secara langsung oleh seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan wilayah Bontang, Samarinda, Tenggarong, Tanah Gerogot, dan Balikpapan.

Turut hadir secara virtual melalui zoom oleh jajaran pemasyarakatan Berau, Tarakan, dan Nunukan.

"Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mempunyai program back to basic, dan saya berharap seluruh jajaran Pemasyarakan Kaltimtara dapat menerapkan prinsip-prinsip pemasyarakatan dengan baik dan benar sesuai dengan peraturan perundang-undangan," tandas Aris.

Baca Juga: Polda Kaltim akan Tindak Aksi Penutupan Jalan Tol di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya