Comscore Tracker

Polres Bulungan Olah TKP Terbakarnya KPU Tana Tidung

Dugaan awal karena korsleting listrik

Tarakan, IDN Times - Polres Bulungan Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Tidung di Jalan Ahmad Yani RT. 02 Desa Tidung Pala Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung.

Kantor KPU Tana Tidung ini dilaporkan terbakar, Rabu (10/8/2022) kemarin. 

"Hari ini kita akan olah kejadian kebakaran kantor KPU Tana Tidung dengan Tim Inafis (Indonesia Automatic Fingerprint System) dari Polda Kaltara," kata Kepala Satuan Reskrim Polres Bulungan Inspektur Satu Komaini diberitakan Antara, Kamis (11/8/2022).

1. Dugaan awal korsleting listrik

Polres Bulungan Olah TKP Terbakarnya KPU Tana TidungIlustrasi. Petugas mengecek meteran listrik. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Dia mengatakan bahwa hal ini untuk mengetahui penyebab kebakaran, di mana dugaan sementara korsleting listrik. Keterangan awal didapat dari Ali pegawai KPU saat kejadian sedang melaksanakan piket pelayanan lagi cas telepon genggam di ruang umum.

"Lalu sekitar 10 menit terdengar suara 'ketek ketek' di bagian kWh (kilo watt hour, red) listrik dan tiba - tiba listrik padam," kata Komaini.

Baca Juga: Ruang Logistik KPU Kaltara Kebakaran, Diduga karena Korsleting Listrik

2. Kobaran api mendadak membesar

Polres Bulungan Olah TKP Terbakarnya KPU Tana TidungIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Setelah Ali di cek keluar, dia melihat ada api sudah membakar bagian belakang ruang keuangan lalu merambat ke ruangan umum, ruang program dan data, gudang logistik,ruang media center dan dapur.

Peristiwa kebakaran terjadi pada Rabu malam (10/8) sekitar pukul 18.40 Wita dan pada pukul 21.00 Wita api berhasil dipadamkan oleh Petugas Pemadam Kebakaran Pemkab Tana Tidung.

3. Tidak ada korban jiwa

Polres Bulungan Olah TKP Terbakarnya KPU Tana TidungPara pedagang Relokasi Pasar Johar Semarang mengais puing-puing dagangan yang masih bisa diselamatkan pasca kebakaran yang terjadi pada Rabu (3/2/2022) malam. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa nahas ini. Tetapi dugaan kerugian material diperkirakan hingga Rp1,5 M, meliputi bangunan KPU Tana Tidung berikut satu unit mobil dinas Daihatsu Grandmax. 

Polres Bulungan masih melakukan penyelidikan peristiwa ini. Lokasi kejadian sudah diberikan garis polisi dan akan melakukan pemeriksaan para saksi.

Baca Juga: Komitmen PLN dalam Membangun Jaringan Listrik di Perbatasan Kaltara 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya