Polres Kukar Gencarkan Razia Miras selama Bulan Ramadan

Ratusan botol miras berhasil diamankan

Balikpapan, IDN Times - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, pada Rabu (3/4/2024) pagi, ratusan minuman keras (miras) yang berhasil diamankan dalam operasi penyakit masyarakat (pekat) langsung dimusnahkan oleh jajaran Polres Kutai Kartanegara (Kukar) di Kalimantan Timur (Kaltim).

Sebanyak 700 botol lebih miras dari berbagai merek dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan alat berat. Miras ini disita dari berbagai toko atau warung sejak 28 Maret hingga 3 April 2024 ini. 

“Totalnya ada 700 botol lebih yang kita amankan dan langsung kita musnahkan tadi,” ungkap Kapolres Kukar Ajun Komisaris Besar Pol Heri Rusyaman dalam keterangan tertulisnya. 

1. Pemusnahan miras disaksikan jajaran di Kukar

Polres Kukar Gencarkan Razia Miras selama Bulan RamadanPolres Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur musnahkan ratusan botol minuman keras selama Ramadan tahun 2024. Foto istimewa

Pemusnahan tersebut disaksikan oleh berbagai pihak, termasuk kejaksaan, Kodim 0906 Tenggarong, dan pemerintah setempat yang juga turut menandatangani berita acara pemusnahan.

“Ini merupakan langkah pencegahan dini. Kami ingin mencegah dampak buruk alkohol bagi generasi muda di Kukar. Terlebih lagi, insiden seorang pria mabuk yang mengganggu masyarakat di depan DPRD Kukar baru-baru ini menjadi perhatian serius,” tegas Kapolres.

Selain miras, berbagai tindak kejahatan lainnya juga berhasil diamankan dan ditindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku, termasuk tawuran dengan senjata tajam (sajam).

“Keterlibatan aktif masyarakat sangat penting dalam menangani segala bentuk kejahatan. Saya sangat mengapresiasi dukungan mereka, yang saya yakin akan terus menjaga keamanan dan ketertiban di Kukar,” tutur Kapolres.

Baca Juga: Pemkab Kukar Anggarkan Rp12,14 Miliar untuk Pilkada 2024     

2. Polri serempak menggelar Operasi Ketupat Terpusat 2024

Polres Kukar Gencarkan Razia Miras selama Bulan RamadanPolres Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur menggelar Operasi Ketupat Terpusat 2024. Foto istimewa

Untuk memastikan keselamatan dan kelancaran selama perayaan, Polres Kukar menggelar Operasi Ketupat Terpusat 2024. Operasi ini bertujuan untuk mengamankan arus mudik dan lebaran sebagaimana diamanatkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Operasi Ketupat 2024 merupakan komitmen nyata sinergi antara TNI-Polri dengan pihak terkait dalam mengamankan arus mudik dan perayaan Idul Fitri 1445 H,” ungkap Kapolres Kukar AKBP Heri Rusyaman.

Polri keseluruhan operasi menyiapkan 5.784 pos, terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, guna memberikan pelayanan dan pengamanan optimal pada jalur-jalur rawan di seluruh Indonesia.

3. Polres Kukar siapkan 5 pos pengamanan arus mudik

Polres Kukar Gencarkan Razia Miras selama Bulan RamadanPolres Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur menggelar Operasi Ketupat Terpusat 2024. Foto istimewa

Polres Kukar menyiapkan 5 pos, termasuk 1 pos terpadu dan 4 pos pelayanan, didukung oleh 19 pos pengamanan di masing-masing polsek.

“Kami ingin memastikan bahwa seluruh wilayah di Kukar dapat berjalan aman dan terkendali selama perayaan Idul Fitri,” kata Heri. 

Dia juga mengimbau masyarakat untuk mengamankan barang-barang pribadi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap kebakaran.

“Bantu kami dengan melaporkan keberangkatan mudik kepada Ketua RT atau petugas keamanan setempat, dan tingkatkan kewaspadaan terhadap risiko kebakaran dengan memeriksa kompor, tabung gas, dan alat elektronik,” pungkasnya.

Baca Juga: Kejari Kukar Pulangkan Uang Negara Sebesar Rp1,8 Miliar kepada Daerah

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya