Comscore Tracker

Polresta Balikpapan Gandeng LinkAja dalam Pembayaran SIM dan SKCK

Menggalakkan sistem pembayaran non tunai di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times - Polresta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menggandeng sistem financial teknologi (Fintech) LinkAja dalam pembayaran pengurusan surat izin mengemudi (SIM) dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Pemanfaatan sistem pembayaran digital guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat sesuai kampanye digalakkan Bank Indonesia (BI). 

Saat ini, sistem pembayaran digital SIM dan SKCK ini sudah mulai uji coba di Balikpapan.

“Kerja sama ini merupakan langkah nyata mendukung gerakan nasional non tunai diprakarsai BI ,” kata Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaya sesuai press release diterima IDN Times,  Kamis (20/5/2021).

1. LinkAja punya tujuan meningkatkan transaksi non tunai

Polresta Balikpapan Gandeng LinkAja dalam Pembayaran SIM dan SKCKKapolres Balikpapan Kombes Pol Turmudi dan District Manager LinkAja Balikpapan (Kaltimra) Aryo Agung Benardi dalam peresmian kerja sama. Foto istimewa

Haryati mengatakan, LinkAja merupakan uang elektronik nasional mendukung program pemerintah. Mereka punya tujuan memperluas penggunaan non tunai lewat teknologi quick respon Indonesia standard (QRIS) di sejumlah fasilitas publik dan aparatur negara.

Di sisi lain, sistem pembayaran non tunai ini pun mampu mengurangi potensi kerumunan warga di masa pandemik COVID-19. Ia menjamin, proses pembayaran pengurusan SIM dan SKCK di Polresta Balikpapan akan berlangsung lebih cepat. 

“Hal ini juga merupakan bagian dari perjalanan digitalisasi keuangan LinkAja dan juga layanan Syariah LinkAja di Balikpapan yang kami mulai di tahun 2020,” papar Haryati.

Hadirnya LinkAja maupun Layanan Syariah LinkAja sebagai opsi pembayaran  di Polresta Balikpapan, diharapkan tidak hanya dapat membantu peningkatan mutu pelayanan Polresta Balikpapan tetapi juga memudahkan masyarakat dalam bertransaksi dengan lebih mudah.

Baca Juga: Balikpapan Harap Bendungan Sepaku-Semoi Penuhi Defisit Air Baku

2. Polresta Balikpapan ingin meningkatkan layanan bagi masyarakat

Polresta Balikpapan Gandeng LinkAja dalam Pembayaran SIM dan SKCKIlustrasi Pelayanan Pembuatan SIM (ANTARA FOTO/Livia Kristianti)

Sedangkan, Kapolresta Balikpapan Komisaris Besar Polisi Turmudi SIK mengatakan, pihaknya berkomitmen dalam peningkatan pelayanan bagi masyarakat dalam pengurusan SIM dan SKCK. Adanya kerja sama dengan LinkAja ini, menurutnya, menjadi sinyal positif bagi Polresta Balikpapan sesuai program prioritas sudah dicanangkan Kapolri. 

“Kami optimis kerja sama ini dapat mendukung program prioritas Kapolri di bidang peningkatan kualitas pelayanan publik Polri, khususnya pada  satuan lalu lintas,” ujarnya.

3. Perkembangan ekosistem digital LinkAja di Kaltim

Polresta Balikpapan Gandeng LinkAja dalam Pembayaran SIM dan SKCKANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Fintech LinkAja sudah memiliki ekosistem digital yang kuat di Balikpapan dan sekitar. Hingga akhir bulan April lalu, pengguna LinkAja di Balikpapan dan sekitarnya mencapai 290 ribu.

Selain itu, LinkAja pun memiliki lebih dari 38.000 merchants yang tersebar di Kota Balikpapan, Samarinda, dan Tarakan. Beberapa merchants lokal yang menerima transaksi menggunakan LinkAja antara lain Yova mart Balikpapan, Kopi Hitam Manis Balikpapan, Valentine Bakery Samarinda, SIM Polres Tarakan, NU Store Tarakan, RS Pertamedika Tarakan, Eramart Samarinda, dan Aero Cab Balikpapan (Taxi Bandara).

Memiliki ekosistem digital paling lengkap, hingga akhir April 2021, LinkAja telah memiliki lebih dari 70.000.000 pengguna terdaftar dan telah dapat digunakan di lebih dari 1.100.000 merchant lokal dan lebih dari 400.000 merchant nasional di seluruh Indonesia. 

Baca Juga: Balikpapan Kembalikan 3.200 Dosis AstraZaneca Batch 547 ke Pusat

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya